icon-category Digilife

Twitter Uji Coba Fitur Notes, Bisa Bikin Tweet Panjang Mirip Artikel

  • 24 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Daddy Mohlala @daddymohlala/Unsplash

    Uzone.id - Twitter akhirnya memamerkan fitur yang sudah lama dirumorkan, namanya Twitter Notes. Fitur nge-tweet panjang tanpa limit ini sudah digosipkan hadir bahkan sebelum Twitter ribut-ribut dengan Elon Musk.

    Fitur Notes Twitter memungkinkan pengguna untuk membuat tweet dalam bentuk bebas tanpa adanya batasan karakter, mirip seperti tulisan blog dan artikel.

    Seperti yang dilansir dari Engadget, fitur ini pada dasarnya adalah sebuah postingan blog yang muncul di Twitter tanpa batasan karakter seperti cuitan biasa. 

    Baca juga: Bukan TikTok, Facebook Tetap Juara 1 buat Netizen Indonesia

    Selain itu, pengguna juga bisa menyematkan foto, video dan tweet lainnya dalam Notes. Tak hanya itu, fitur Notes ini tentunya berbeda dengan Tweet biasa, sehingga pengguna bisa membagikan Notes mereka di Tweet. 

    Tentunya fitur Notes ini akan memberikan pengalaman baru, apalagi Twitter terkenal dengan cuitan-cuitan khasnya yang pendek dengan batasan karakter. 

    Dalam peluncurannya, direktur editorial Twitter Rembert Browne mengatakan kalau Notes ini jadi cara alternatif selain membuat utas/thread panjang. Selain itu, pengguna juga gak perlu ribet membuat tulisan panjang di platform lain lalu di screenshot atau dibagikan lagi ke Twitter.

    Baca juga: Akhirnya, Twitter Mau Spill ‘Rahasia Dapur’ Akun Bot ke Elon Musk

    “Sejak awal, penulis sangat bergantung pada Twitter untuk membagikan karya, mendapat perhatian, dibaca, menciptakan percakapan, semuanya kecuali tulisan sebenarnya,” tulis Browne.

    “Dengan Notes ini, tujuannya adalah untuk mengisi bagian yang hilang tersebut serta membantu penulis menemukan segala jenis kesuksesan yang mereka inginkan,” tambahnya.

    Fitur ini baru saja tersedia untuk beberapa kelompok di Kanada, Ghana, Inggris dan juga Amerika Serikat. Belum tau kapan fitur ini muncul untuk semua pengguna, tapi Twitter mengatakan kalau mereka akan terus memperluas ujicoba ini ke kelompok lainnya untuk mengumpulkan feedback sebelum resmi diluncurkan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini