home ×
Digilife

Uang "Redenominasi" Rp100 Gambar Jokowi Kerjaan Anak TikTok?

09 February 2021 By
Uang
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Bady QB / Unsplash)

Uzone.id - Media sosial diramaikan oleh video yang memperlihatkan uang Rp100 bergambar Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dipastikan palsu. Uang tersebut bahkan digambarkan sebagai uang redenominasi di mana tiga angka nol di belakangnya sudah dihilangkan.

Pihak Bank Indonesia pun sudah memberikan klarifikasi kepada media terkait video yang viral tersebut. BI memastikan jika bank sentral belum mencetak secara resmi uang redenominasi. 

 "Enggak ada. Kelihatannya ini anak-anak iseng di Tiktok terus masuk Instagram," tutur Erwin kepada media, Senin (8/2/2021).

Erwin menambahkan, pihak BI akan segera melakukan investigasi mengenai uang palsu itu karena khawatir beredar di masyarakat.

"Kami sedang investigasi, kalau bisa jangan sampai beredar," kata dia lagi.

BACA JUGA: Instagram Akui Sulit Menyaingi TikTok, Pakar Ungkap Penyebabnya

Apa itu redenominasi?

Menurut wikipedia, redenominasi merupakan penyederhanaan nilai mata uang menjadi tampak lebih kecil, namun tanpa mengurangi nilai tukarnya.

Secara teknis, uang yang sudah mengalami redenominasi jumlah angkanya akan berkurang namun nilainya tetaplah sama.

Apa tujuan redenominasi?

Setiap negara yang melakukan redenominasi punya tujuan yang berbeda-beda. Adanya jumlah digit mata uang adalah efek dari akumulasi krisis ekonomi dan juga inflasi yang pernah terjadi di masa lalu.

Asal tahu saja, Indonesia pernah melakukan redenominasi pada 13 Desember 1965 sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 27/1965.

Sayangnya, redenomisasi pada saat itu gagal karena beragam faktor, salah satunya adalah kondisi psikologis masyarakat yang belum paham sepenuhnya, sehingga terjadi inflasi tinggi. Apalagi saat itu sedang terjadi gejolak politik.

 

VIDEO Realme Watch S Pro Review, Sejutaan Bisa Mantau Covid

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article