home ×
Digilife

UEA, Negara Muslim Pertama yang Berhasil Kirim Pesawat ke Orbit Mars

10 February 2021 By
UEA, Negara Muslim Pertama yang Berhasil Kirim Pesawat ke Orbit Mars
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Uni Emirat Arab telah menorehkan sejarah baru sebagai negara yang berhasil mengirim pesawat luar angkasa masuk ke orbit Mars.

Hope, nama pesawat luar angkasa untuk misi Mars, telah menempuh perjalanan selama tujuh bulan atau sejauh 494 juta kilometer dan memungkinkannya untuk mulai mengirimkan data tentang atmosfer dan iklim Mars.

Pada Selasa (9/2/2022), para pejabat di ruang kontrol bertepuk tangan atas keberhasilan ini.

Mereka merasa lega setelah setengah jam yang menegangkan ketika Hope - yang memiliki arti harapan - melakukan "pembakaran" untuk memperlambat dirinya sendiri agar bisa ditarik oleh gravitasi Mars.

BACA JUGA: Begini Tampilan Sertifkat Tanah Elektronik

"Kontak dengan #HopeProbe telah terjalin kembali. Penyisipan Orbit Mars sekarang sudah selesai," kata Pusat Luar Angkasa Mohammed Bin Rashid (MBRSC), seperti dilansir Uzone.id dari Aljazeera.

"Kepada orang-orang UEA, kepada negara-negara Arab dan Muslim, kami mengumumkan keberhasilan kedatangan ke orbit Mars. Puji Tuhan," kata Omran Sharaf, manajer proyek misi.

Amal harus melakukan serangkaian putaran dan tembakan mesin untuk bermanuver ke orbit, mengurangi kecepatannya menjadi 18.000 km / jam dan lebih dari 121.000 km / jam.

Sejarah ini membuat badan antariksa UEA menjadi yang kelima yang mencapai Mars.

Probe, yang diluncurkan oleh China dan NASA, tepat setelah lepas landas UEA pada Juli 2020 juga akan mencapai Mars bulan ini.

Misi Amal ke Mars menghabiskan biaya sekitar USD200 juta atau sekitar Rp2,8 triliun (kurs Rp14.000 per 1USD)), yang diluncurkan dari pusat luar angkasa Jepang.

UEA membuat program Mars untuk mengembangkan kemampuan ilmiah dan teknologi serta mengurangi ketergantungan pada minyak.

UEA punya rencana membuat pemukiman di Mars pada tahun 2117.

Program ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran lengkap tentang atmosfer Mars untuk pertama kalinya, mempelajari perubahan harian dan musim.

 

VIDEO Realme Watch S Pro Review, Sejutaan Bisa Mantau Covid

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id