icon-category Digilife

Ulama Haramkan Pakai Emoji ‘Hahaha’ untuk Ledek Orang

  • 30 Jun 2021 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - Seorang ulama Bangladesh telah mengeluarkan fatwa terhadap orang-orang yang menggunakan emoji ‘Ha-ha-ha’ di Facebook untuk ‘mengejek seseorang'. Ulama itu memiliki lebih dari tiga juta pengikut di Facebook dan YouTube.

    Ulama bernama Ahmadullah, yang memiliki lebih dari tiga juta pengikut di Facebook dan YouTube. Dia secara teratur muncul di acara televisi untuk membahas masalah agama di negara berpenduduk mayoritas Muslim itu.

    Baca juga: Ragam Emoji Baru di iOS 15

    Dia memposting video berdurasi tiga menit di mana dia membahas ejekan orang di Facebook dan mengeluarkan fatwa, bahwa menggunakan emoji ‘ha-ha-ha’ untuk mengejek seseorang maka haram digunakan.

    "Jika kita bereaksi dengan emoji haha murni karena kesenangan dan hal yang sama dimaksudkan oleh orang yang memposting konten, tidak apa-apa,” ujarnya, seperti dikutip dari India Today, Rabu (30/6).



    “Tetapi jika reaksi Anda dimaksudkan untuk mengejek atau mengejek orang yang memposting atau berkomentar di media sosial, itu dilarang sama sekali dalam Islam,” tambah Ahmadullah.

    Baca juga: Arti Emoji untuk Chat yang Sering Keliru

    "Demi Tuhan saya meminta Anda untuk menahan diri dari tindakan ini. Jangan bereaksi dengan 'haha' untuk mengejek seseorang. Jika Anda menyakiti seorang Muslim, dia mungkin akan membalas dengan bahasa yang buruk yang tidak terduga."

    Ribuan pengikut bereaksi terhadap videonya, sebagian besar positif, meskipun beberapa ratus mengolok-oloknya -- menggunakan emoji "haha".




    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini