icon-category Games

Update Baru Windows 11, Bisa Main Game Android Pakai Joystick

Uzone.id - Update Windows 11 terbaru yang dikasih Microsoft bagi para Insiders mengungkap fitur yang dinanti-nantikan oleh para gamer, terutama pemain game Android. Dari update dengan versi 2206.40000.15.0 itu, Windows 11 mengusung beragam fitur yang fokus pada performa serta kenyamanan para pengguna saat main game Android.

Pada update ini, Microsoft merilis Windows Subsystem untuk Android. Windows Subsystem merupakan platform khusus yang tersedia di Windows 11 yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi atau game Android tanpa memerlukan emulator tambahan atau pihak ketiga.

Aplikasi maupun game Android yang mendukung bisa langsung diunduh dan dijalankan melalui Microsoft Store pada perangkat Windows 11 yang mendukung. Hanya saja, beberapa game yang ada memang memerlukan kontrol sentuhan pada layar yang menyulitkan pengguna laptop Windows tanpa touchscreen.

Baca juga: Bocoran Karakter dan Cerita GTA 6, Terhubung dengan Vice City?

Untungnya, Windows Subsystem kini memudahkan pengguna agar bisa main game Android di PC atau laptop Windows 11 dengan menggunakan gamepad maupun joystick eksternal.

Kontrol atau gerakan sederhana yang biasa dilakukan pengguna smartphone Android ketika bermain game juga didukung oleh Windows Subsystem ini. Gerakan tersebut dapat dilakukan menggunakan tombol panah pada keyboard, misalnya melakukan sliding atau membidik musuh.

Kualitas grafik, resolusi layar, jaringan sampai kelancaran dalam bermain game juga ditingkatkan pada update Windows 11 yang cuma tersedia bagi Insiders di Amerika Serikat (AS) tersebut.

Baca juga: 20 Game PC Terbaik di Steam Tahun 2022

Nantinya, para penguji atau Insiders ini akan mencoba lebih banyak gerakan dan fungsi pada game Android menggunakan keyboard atau controller pada Windows 11. Kalau semuanya berjalan sesuai rencana, boleh jadi Microsoft segera membawanya ke pengguna secara umum dalam update berikutnya.

Untuk mengetahui lebih lengkap terkait fitur baru pada update Windows 11 khusus para Insiders, kalian bisa mengunjungi situs resmi Windows Insiders.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini