icon-category Gadget

Update iOS 15.4, Dapat 37 Emoji hingga Suara Baru Siri

  • 16 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Tom's Guide

    Uzone.id – Sistem operasi baru dari Apple untuk iPhone, iOS 15.4, resmi dirilis pada 15 Maret 2022. Tentunya ada beberapa update menarik dan dapat dicicipi langsung oleh pengguna.

    Berbicara soal iOS 15.4, memang fitur yang diunggulkan itu adalah kemampuan pemindai wajah pada Face ID yang sekarang dapat dipakai ketika pengguna mengenakan masker sekalipun.

    Walau Face ID with a Mask On ini hanya tersedia bagi ponsel seri iPhone 12 dan iPhone 13, iOS 15.4 tetap menyuguhkan beberapa update lain yang bisa dicoba.

    Berikut beberapa di antaranya.

    Suara baru Siri
    Apple beberapa waktu lalu sudah mengumumkan kalau pengaturan asisten digital Siri tidak akan langsung pakai suara perempuan secara bawaan.

    Pada pembaruan iOS 14.5 ini, pengguna iPhone dapat memilih suara untuk Siri seperti sistem operasi pendahulunya, serta ada tambahan suara baru untuk logat Amerika.

    Baca juga: iOS 15.4 Dirilis, Buka Face ID Bisa Sambil Pakai Masker

    Banyak menilai, suara baru Siri dengan aksen Amerika ini lebih gender neutral, dalam artian suara yang disajikan tidak terlalu feminin seperti dua opsi suara perempuan lain, namun tidak terlalu maskulin juga.

    Pengguna bisa coba mendengarkan suara baru ini dengan membuka Settings > Siri & Search > Siri Voice > klik Voice 5.

    37 emoji baru
    Apple berbaik hati memberikan 37 emoji baru di iOS 15.4 untuk menambah keseruan aktivitas ngobrol via chatting, menulis caption foto di Instagram, atau membuat twit di Twitter.

    Seperti yang sudah pernah dibahas, deretan emoji iOS 15.4 ini sangat beragam, mulai dari wajah melting face, hear hands, lampu disko, hingga emoji kontroversial lelaki tengah hamil.

    Ada juga emoji atau simbol baru lain yang bisa kita cek sendiri seperti bibir yang sedang digigit, kacang polong, toples, dan lain-lain. Semua emoji ini tentu saja sudah disetujui oleh Unicode Consortium pada September 2021.

    Live Text di Notes dan Reminders buat si mager
    Bagi yang sudah memakai iOS 15, harusnya sudah tahu kalau fitur Live Text ini disematkan di kamera ponsel untuk membaca teks tulisan dan bisa kita paste di aplikasi lain.

    Live Text ini juga sebenarnya sudah hadir di aplikasi Notes dan Reminders di dalam iPhone, namun Apple meningkatkannya lagi di iOS 15.4 ini dengan mengintegrasi fitur text-scanning.

    Secara rinci, Scan Text di sini dapat membaca foto yang mengandung teks atau tulisan. Jika kita membukanya di dalam aplikasi Notes atau Reminders, maka Scan Text ini bisa langsung menangkap tulisan tersebut dan langsung muncul di catatan.

    Foto: Tom's Guide

     

    Pengguna juga bisa mengatur tulisan apa saja yang akan muncul di dalam Notes atau Reminders. Bisa dibilang, fitur ini cocok bagi pengguna yang mager banget, apalagi untuk mengetik ulang suatu tulisan panjang.

    Keamanan Face ID Apple Pay
    Apple menambahkan keamanan bagi fitur Apple Pay-nya. Bagi pengguna iPhone yang aktif memakai Apple Pay, saat tombol samping kanan diklik dua kali (double-click), tampilan layar langsung menyajikan otentikasi.

    Nah, otentikasi ini mewajibkan pengguna memindai wajah dengan Face ID atau verifikasi passcode sebelum informasi soal kartu kredit muncul.

    Selain keamanan, dompet digital Apple ini juga kedatangan fitur Tap to Pay yang memungkinkan pengguna menerima pembayaran contactless alias non-fisik langsung ke iPhone.

    Fitur Tap to Pay ini hadir untuk mempermudah para pelaku UMKM agar dapat menerima pembayaran mobile tanpa bantuan hardware tambahan atau perantara selain perangkat iPhone.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini