icon-category Gadget

Upgrade Samsung Galaxy Z Fold5, Engsel Baru dan Layar Bebas Kerutan

Ilustrasi Samsung Galaxy Z Fold5 (Foto: Susetyo/Uzone.id)

Uzone.id - Upgrade signifikan gak cuma diberikan Samsung untuk Galaxy S23 Ultra yang akan datang. Smartphone lipat Samsung Galaxy Z Fold5 pun dikabarkan bakal mengusung banyak peningkatan, terutama pada desain engsel dan layarnya.

Beberapa rumor awal menyebut kalau suksesor Galaxy Z Fold4 itu tak akan memiliki jejak lipatan atau kerutan di tengah-tengah layarnya. Dan, situs The Pixel pun mengonfirmasi bocoran tersebut. 

Samsung telah mengembangkan desain engsel baru yang disebut ‘dumbbell hinge’. Desain tersebut berupa struktur yang menyerupai tetesan air, yang memungkinkan layar bagian dalam dapat dilipat tanpa menciptakan jejak lipatan yang mengganggu visualisasi pengguna.

Desain ini juga membuat Samsung Galaxy Z Fold5 dapat terlipat rata sepenuhnya, atau dengan kata lain tak ada celah apapun di antara layar.

Baca juga: Enaknya Bill Gates, Pengin Galaxy Z Fold4 Tinggal Minta ke Bos Samsung

Soal layar, ukurannya masih sama dengan seri terdahulu. Samsung masih menggunakan panel fleksibel berukuran 7,6 inci dengan resolusi 1.768 x 2.208 piksel. Namun, dimensi bodinya akan lebih tinggi ketimbang Galaxy Z Fold4.

Saat Samsung Galaxy Z Fold5 dibuka, dimensinya adalah 158,5 x 128,5 x 6,5mm, berbanding 155,1 x 130,1 x 6,3mm dari Samsung Galaxy Z Fold4.

Sementara saat dilipat, Samsung Galaxy Z Fold5 juga lebih tinggi dan sedikit lebih lebar dari pendahulunya. Ukuran dimensinya adalah 158,5 x 67,5 x 14,5 - 16mm untuk Galaxy Z Fold5, dan 155,1 x 67,1 x 14,2 - 15,8mm untuk Galaxy Z Fold4.

Kamera ikut ditingkatkan fiturnya, punya slot S Pen juga

Bukan cuma engsel saja yang diperkuat dan diubah strukturnya, Samsung pun meng-upgrade konfigurasi kamera dari Samsung Galaxy Z Fold5. Berembus kabar kalau spesifikasi kamera Samsung Galaxy Z Fold5 akan sama dengan Galaxy S23 Ultra yang akan datang.

Tapi, rumor yang terbaru menyatakan sebaliknya. Samsung Galaxy Z Fold5 justru mengusung kamera utama yang mirip dengan Galaxy S22 Ultra. Ya, kamera utamanya menggunakan sensor 108 MP yang serupa, plus didukung OIS atau optical image stabilization juga.

Dikutip dari phoneArena, kamera utama 108 MP ditemani dengan kamera telephoto 64 MP dengan kemampuan optical-zoom 2x dan kamera ultrawide 12 MP. 

Baca juga: 7 Smartphone Flagship yang Bakal Warnai 2023, Ngincer yang Mana?

Selain itu, laporan menyebut bahwa Samsung akan menyertakan slot S Pen pada Galaxy Z Fold5 yang akan datang. Ruang untuk pulpen pintar tersebut akan dibuat dengan hti-hati oleh Samsung, untuk mencegah ponsel ini kelihatan bulky saat digunakan.

Well, beberapa upgrade di atas memang sebatas rumor belaka. Adapun smartphone ini diharapkan akan meluncur pada Agustus tahun ini.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini