Home
/
Automotive

Ventilasi Kabin Innova Zenix Hybrid Jangan Ditutup, Baterai Bisa Rusak

Ventilasi Kabin Innova Zenix Hybrid Jangan Ditutup, Baterai Bisa Rusak

Foto: Toyota Innova Zenix Hybrid

Brian Priambudi21 March 2023
Bagikan :

Uzone.id - Pengguna Toyota Innova Zenix Hybrid tampaknya harus banyak belajar untuk merawat mobil yang dimilikinya. Berdasarkan informasi dari salah satu dealer Toyota, pemilik Innova Zenix Hybrid wajib memperhatikan kembali bagian ventilasi di dalam kabin, karena bisa memengaruhi kinerja dari high-voltage atau HV baterai.

Untuk diketahui, Toyota Innova Zenix Hybrid punya HV baterai yang disimpan di bawah jok penumpang depan. Untuk mempertahankan temperaturnya, Toyota menggunakan sistem pendingin khusus yang mengalirkan udara dingin dari kabin menggunakan blower ke HV baterai.

Blower tersebut memiliki saluran pendingin dalam bentuk ventilasi udara di bawah jok penumpang depan. Artinya, jika ventilasi udara tertutup, maka udara yang dialirkan sebagai pendingin HV baterai akan terganggu. Dalam kondisi tertentu, sistem pendingin dapat tidak bekerja sama sekali.

Preview
Ventilasi Kabin Toyota Innova Zenix Hybrid

"Kalau dibiarkan tertutup ventilasinya, pendinginan HV baterai akan terganggu dan suhunya meningkat. Kondisi ini menyebabkan HV baterai menjadi overheat dan kinerjanya juga akan menurun, baik pada saat charge maupun discharge," ujar Ali Rosyadi selaku Service Technical - Aftersales Business Division Auto2000 dalam keterangan resmi yang diterima Uzone.id.

"Oleh sebab itu, jangan menutup air intake duct HV baterai yang ada di bawah jok penumpang depan Innova Zenix Hybrid," sambungnya.

Ali mengatakan jika ventilasi itu tertutup secara tidak sengaja, dapat membuat pendinginan tidak bekerja dengan baik. Hal ini dapat memicu indikator peringatan HV baterai pada panel instrumen menyala, sehingga pemilik dapat langsung melakukan pemeriksaan awal pada ventilasi udara.

Namun jika HV baterai pada Toyota Innova Zenix Hybrid rusak, maka tidak dapat menyimpan listrik yang dihasikan oleh motor generator saat charging. Jika kondisi charge berada di bawah nilai yang ditetapkan oleh sistem, maka mesin bensin akan hidup terus menerus sebagai sumber tenaga utama.

Sebagai tambahan informasi, Toyota Innova Zenix Hybrid dibekali mesin berkode M20A 2.000 cc, 4-silinder segaris, DOHC, dan Dual VVT-i. Mesin ini mampu mengeluarkan daya sebesar 152 PS dengan torsi 113 Nm. Jika mesin tersebut dibantu dengan motor listriknya, mampu menyumbangkan tenaga sebesar 113 PS dan torsi 206 Nm.

populerRelated Article