icon-category Digilife

Video Call Facebook Messenger Bakal Pakai Sistem Keamanan Mirip WhatsApp

  • 15 Aug 2021 WIB
  • Bagikan :

    Foto: Austin Distel/Unsplash

    Uzone.id -- Facebook tampak begitu niat untuk meningkatkan sisi keamanan layanannya, mengingat perusahaan ini sempat tercoreng nama baiknya akibat kasus kebocoran privasi. Giliran keamanan Facebook Messenger yang mendapatkan upgrade.

    Platform Messenger memiliki fitur panggilan suara (audio call) dan panggilan video (video call). Facebook telah memperkenalkan sistem enkripsi end-to-end atau enkripsi dari ujung ke ujung untuk dua fitur ini agar keamanan pengguna lebih terjamin.

    Sistem yang populer digunakan pada WhatsApp ini pada dasarnya kunci untuk mendekripsikan pesan ada di perangkat masing-masing pengguna. Artinya, proses dekripsi itu hanya bisa terjadi ketika pesan sudah tiba di si penerima. Jika terjadi penyusupan di tengah jalan atau saat proses pengiriman, hacker diklaim tidak akan bisa membacanya.

    Baca juga: Akhirnya, History Chat WhatsApp dari Android Bisa Pindah ke iOS

    “Kami akan mulai menguji coba enkripsi ujung ke ujung ini untuk chat grup, termasuk voice dan video call. Kami juga akan mulai uji coba untuk pengendalian pengiriman chat agar dapat terhubung dengan percakapan yang telah terenkripsi,” tutur juru bicara Facebook, seperti mengutip Ubergizmo.

    Ia melanjutkan, “dengan begitu, pengguna bisa mencegah interaksi yang tak diinginkan dengan cara menentukan siapa saja yang dapat mengirim pesan ke kalian, mengirim permintaan, serta siapa yang tidak dapat mengirim chat sama sekali.”

    Awalnya, Facebook sempat mengumumkan kalau enkripsi ujung ke ujung ini tidak akan hadir di Messenger sampai 2022. Namun, Facebook tampaknya berubah pikiran untuk mempercepat sistem keamanan ini untuk layanan Messenger.

    VIDEO: Hands-on Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini