icon-category Auto

VinFast Siap Mejeng di IIMS 2024, Hadirkan Dua Mobil Baru

  • 12 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Pabrikan mobil Vietnam, VinFast, akhirnya menunjukkan diri secara resmi di Indonesia dan akan memanfaatkan ajang IIMS 2024 sebagai tempat perdana kemunculan merek baru Asia Tenggara ini.

Di pameran otomotif tahunan tersebut, VinFast akan meluncurkan sekaligus dua mobil barunya untuk pasar Indonesia, sekaligus mengumumkan investasinya di Tanah Air dengan nilai 200 juta USD atau sekitar Rp3,13 triliun.

CEO VinFast Indonesia, Tran Quoc Huy, mengatakan perusahaan menawarkan pilihan transportasi ramah lingkungan dan menginspirasi pasar otomotif Indonesia untuk mengeksplorasi mobilitas masa depan.

“VinFast dengan bangga meluncurkan produknya secara resmi di pasar Indonesia pada IIMS 2024 mendatang,” kata Tran Quoc Huy dalam keterangan resminya.

Indonesia masuk radar ekspansi VinFast seiring adanya dukungan pemerintah akan percepatan industri mobil listrik. Selain itu, jumlah 270 juta lebih penduduk membuat Tanah Air sebagai salah satu perekonomian, dan pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara.

Dalam komitmen investasinya, VinFast akan membangun pabrik mobil listrik lokal dengan kapasitas hingga 50.000 unit per tahunnya. Rencananya pabrik ini akan mengekspor unit ke pasar luar negeri.

Menurutnya, ajang IIMS 2024 akan menjadi kesempatan bagi VinFast untuk memperkenalkan mobil listrik berbasis setir kanan ke pasar global.

VinFast juga menjadi salah satu pabrikan otomotif yang memiliki fasilitas daur ulang baterai yang ditanamkan untuk setiap unit mobil listriknya.

VinFast VF5 disebut-sebut akan menjadi mobil perdana yang akan hadir di Indonesia. Sebuah citycar bergaya SUV yang mengandalkan sumber penggerak full elektrik alias mobil listrik.

VinFast VF5 punya dimensi panjang 3.967 mm, lebar 1.723 mm dan tinggi 1.578 mm. Kendaraan listrik itu dibekali baterai 37.23 kwh yang mampu melaju sejauh 324 km dalam kondisi penuh.

Tenaga yang bisa dihasilkan motor listriknya setara 134 hp dan torsinya 135 Nm. Secara tenaga cukup besar untuk mobil sekecil itu, namun torsinya tergolong biasa saja.

Mobil ini juga sudah dilengkapi sistem pengecasan fast charging yang bisa mengisi daya listrik dari 10 persen sampai 70 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Kemudian VinFast VF 3 yang sudah terdaftar di Direktorat Hak Cipta dan Design Industri Direktorat Jendaral Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

VinFast VF 3 sendiri memiliki desain sebuah mobil listrik mungil dengan bentuk seperti sebuah SUV. Mungkin secara dimensi, VF 3 akan memiliki kemiripan dengan Suzuki Jimny.

VinFast mengklaim dengan desain tersebut, VF 3 cocok untuk berbagai penggunaan. Mobil ramah lingkungan ini juga memiliki fitur cerdas yang dapat dimanfaatkan penggunanya dari semua latar belakang.

"Masuknya VinFast ke Indonesia, akan lebih memberikan warna baru dan juga akan meramaikan pasar elektrifikasi di Indonesia," kata Surachman Nugroho, Direktur Penjualan dan Jaringan VinFast Indonesia.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini