home ×
Digilife

Waduh! Aplikasi Scan Barcode Populer ini Disusupi Malware

11 February 2021 By
Waduh! Aplikasi Scan Barcode Populer ini Disusupi Malware
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi

Uzone.id – Banyak aplikasi yang membantu pengguna dalam kesehariannya, mulai dari pengingat alarm hingga untuk scanning barcodes. Salah satu aplikasi barcode scanner simple yang cukup populer ini bernama Barcode Scanner. Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 10 juta kali.

Namun siapa sangka bahwa aplikasi tersebut ternyata terjangkit malware! Menurut laporan dari Malwarebytes, dipercaya terdapat 10 juta pengguna aplikasi tersebut yang perangkatnya terjangkit malware.

Baca juga: Malware Berbahaya Berhasil Dilumpuhkan

Pada awalnya aplikasi ini tidak bertujuan untuk menyebarkan Malware. Akan tetapi pada update terakhir, kode malware diselipkan pada aplikasi ini. Kode ini tidak terdeteksi oleh Google karena disembunyikan dengan sangat baik.

Para pengguna yang mengunduh aplikasi Barcode Scanner mulai menyadari hal-hal aneh yang terjadi dengan perangkat mereka. Demikian yang dikutip Uzone.id dari Ubergizmo, Kamis (11/2).

Kemudian pada 5 Februari 2021, muncul laporan dari Anon00 dan Malwarebytes membantu mengkonfirmasi laporan tersebut.

 Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Curi Data Pengguna?

Google telah menghapus aplikasi terkait dari Play Store, namun hal itu tidak mengubah fakta bahwa 10 juta pengguna lama aplikasi tersebut  terlanjur terjangkit malware.

Menghapus aplikasi tersebut tidak dapat menyelesaikan masalah karena malware sudah tertinggal di perangkat pengguna. Maka dari itu, pengguna dianjurkan untuk mengunduh aplikasi penghapus malware, seperti yang dibuat oleh Malwarebytes.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id