icon-category Gadget

Walau Ringkas, Kamera Sony Alpha 7CR & 7C II Bawa Sensor Full Frame

Uzone.id - Duo kamera mirrorless terbaru Sony resmi dijual di Indonesia, yakni Sony Alpha 7CR dan Alpha 7C II. Keduanya merupakan mirrorless dengan sensor full frame dengan bentuk yang ringkas, dan punya kemampuan untuk menghasilkan foto maupun video dalam berbagai angle dengan baik. 

“Kamera ini ringan dan ringkas. Kamera ini dapat meningkatkan kesempatan dalam mengambil gambar, seperti aktivitas sehari-hari, event, atau momen yang bagus,” jelas Hatanaka Takeshi selaku Head of Product Marketing Sony Indonesia, saat peluncuran Sony Alpha 7CR dan Alpha 7C II beberapa waktu lalu.

Sony Alpha 7CR dan Alpha 7C II mengusung sensor yang berbeda. Sony Alpha 7CR dilengkapi sensor full-frame back-illuminated Exmor R CMOS 61 MP, sensor yang identik dengan kamera DSLR Alpha 7R V.

alt-img

Sony berhasil membenamkan sensor ini ke dalam bodi kamera yang ringkas dan ringan. Untuk diketahui, Sony Alpha 7CR punya ukuran dan bobot yang mirip dengan Alpha 7C II, yakni sekitar 18,2 ons.

Sensitivitas ISO kameranya berkisar antara 100 sampai 32000 untuk foto dan video. Kamera ini dilengkapi dengan stabilisasi gambar 5-axis yang disematkan pada bodi kamera yang diklaim dapat meminimalisir keburaman pada gambar.

“Kamera ini 61 MP sensornya, dengan teknologi terbaru. Cocoknya untuk para portrait photographers atau travel photographers,” terang Takeshi.

Yang menarik dari Sony Alpha 7CR, kamera mirrorless tersebut memiliki fitur Pixel SHift Multi Shooting, memungkinkan pengguna menciptakan gambar beresolusi tinggi. Caranya, sensor akan mengambil beberapa gambar dan menyatukannya menjadi satu gambar dengan resolusi yang lebih tinggi.

Sedangkan Sony Alpha 7C II dilengkapi dengan sensor full-frame 33 MP efektif dengan rentang sensitivitas ISO berkisar dari 100 hingga 51200 untuk foto dan video. Seperti 7CR, kamera ini dilengkapi prosesor gambar BIONZ XR terbaru.

alt-img

“Keduanya kompak dan ringan. Memberi customize button yang baru dan sudah mendukung layar touchscreen,” ucap  M. Fariz Adiputra, Digital Imaging Product Marketing Sony Indonesia.

Fariz menyebut, kedua kamera ini dapat dipasangkan dengan ekstensi grip GP-X2 untuk memotret secara nyaman dengan pegangan yang stabil, bahkan saat harus memotret dalam waktu lama atau menggunakan lensa telefoto.

Harga dan Ketersediaan

Sony Alpha 7C II dibanderol dengan harga Rp31.999.000 (body only) dan Rp36.999.000 (dengan lensa 28-60mm). Sedangkan Sony Alpha 7CR dijual dengan harga Rp46.999.000 (body only).

Kedua kamera bisa didapatkan melalui skema pre-order khusus pada 13 sampai 22 Oktober 2023. Sony menghadirkan promosi khusus dengan Sony Memory Card SF-M64T dan baterai NP-FZ100 untuk pembelian Alpha 7C II atau Exclusive Peak Design Strap dan Sony Memory Card SF-G128T untuk 7CR.

Sementara Extension grip baru GP-X2 akan tersedia pada atau sekitar bulan Desember 2023 di berbagai dealer resmi Sony dengan harga Rp2.499.000.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini