icon-category Digilife

Warga Virtual Metaverse Horizon Worlds Milik Meta Tembus 300 Ribu User

  • 21 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Horizon Worlds/Meta

    Uzone.id – Metaverse mencuat setelah Facebook Inc ganti nama menjadi Meta, dan sekarang perusahaan ini menggencarkan dunia serba virtual sebagai masa depan, salah satunya melalui Horizon Worlds. Platform ini bahkan mengalami peningkatan pengguna yang cukup signifikan.

    Platform social virtual Horizon Worlds ini dianggap Mark Zuckerberg sebagai pusat bagi visi metaverse mereka. Tak heran jika pertumbuhannya makin lama makin disorot oleh banyak pihak.

    Belum lama ini, Chief Product Officer Meta, Chris Cox membeberkan peningkatan jumlah pengguna platformnya itu. Ia mengatakan, sejak Horizon Worlds dirilis untuk semua pengguna perangkat VR Quest Oculus di Amerika Serikat dan Kanada pada awal Desember 2021, pengguna bulanan platform ini melonjak 10 x 300 ribu user.

    Baca juga: BNI Buka Cabang di Metaverse, Stafnya Avatar!

    Juru bicara Meta, Joe Osborne juga mengkonfirmasi bahwa angka tersebut sudah termasuk pengguna Horizon Worlds dan Horizon Venues, aplikasi terpisah yang digunakan untuk menghadiri acara live di dunia virtual dan menggunakan avatar serta mekanisme sama.

    Angka tersebut tidak termasuk Horizon Workrooms, platform yang menyajikan pengalaman konferensi VR yang mengandalkan sistem undangan.

    Sebelum dirilis pada Desember 2021, Horizon Worlds hadir dalam versi beta tertutup ditujukan kepada kreator untuk uji coba.

    Sama seperti Roblox dan Minecraft milik Microsoft, Horizon Worlds menyuguhkan platform yang memungkinkan pengguna membuat lingkungan yang bisa dikustomisasi untuk bersosialisasi dan bermain game. Pengguna hadir di sana sebagai avatar, tampilannya tentu virtual dan tanpa kaki.

    Foto: Twitter @HorizonWorlds

    Belakangan ini Meta juga mengumumkan bahwa ada 10 ribu ‘dunia’ terpisah yang telah diciptakan di dalam Horizon Worlds, serta grup Facebook tertutup untuk kreator mencapai 20 ribu anggota.

    Baca juga: Ka'Bah di Metaverse, Bisa Buat Wisata dan Manasik Haji

    Setelah Facebook melakukan rebranding menjadi Meta, perusahaan induk ini menggelontorkan miliaran dollar untuk membangun hardware dan software yang melampaui media sosial tradisional.

    Di samping itu, Meta sampai sekarang belum mengumumkan jumlah perangkat headset VR Quest Oculus yang berhasil terjual hingga hari ini. Headset Quest sendiri menjadi hardware sebagai ‘gerbang’ pengguna memasuki metaverse Horizon Worlds.

    Namun, ada beberapa riset pihak ketiga yang memperkirakan penjualannya telah mencapai 10 juta unit Quest.

    Baru-baru ini Zuckerberg pun mengatakan bahwa Meta akan merilis Horizon Worlds versi ponsel pintar pada akhir tahun 2022.

    Siapa yang tertarik masuk ke Metaverse?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini