home ×
Gadget

Webcam Hingga Tripod Ponsel Diincar Netizen Selama WFH dan Sekolah Online

09 October 2020 By
Webcam Hingga Tripod Ponsel Diincar Netizen Selama WFH dan Sekolah Online
Share
Share
Share
Share

(Foto: dok. Tokopedia)

Uzone.id -- Jika berbicara tentang tren belanja online ataupun volume transaksi jual-beli yang terjadi di ranah digital, khususnya e-commerce, tentu tidak akan lepas dari dampak pandemi. Pun begitu dengan pencarian perangkat teknologi yang menjadi sangat krusial untuk kelancaran bekerja dan sekolah online dari rumah.

Salah satu pemain e-commerce Indonesia, Tokopedia merilis soal tren transaksi online selama kuartal ketiga 2020.

Dari penjelasan VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, ada 5 kategori favorit yang paling sering dicari oleh para netizen dalam periode Juli-September 2020, di antaranya Makanan dan Minuman, Kesehatan, Keperluan Rumah Tangga, Elektronik, Handphone, dan Tablet.

Baca juga: 5 Tren Belanja Online Selama Pandemi, Cari Diskon dan Free Ongkir

Hal yang paling menarik adalah, kultur bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) dan sekolah online yang dijalani para pelajar memicu adanya lonjakan terhadap transaksi di kategori Komputer dan Laptop.

Dari pernyataan Tokopedia yang diterima Uzone.id, deretan produk yang paling banyak diincar dan dibeli oleh pengguna selama periode ini meliputi wifi extender, mouse, webcam, headset, hingga meja laptop.

Hal ini memang berangkat dari banyaknya aktivitas masyarakat selama di rumah, mengingat WFH dan sekolah online tidak lepas dari kegiatan video call menggunakan perangkat mobile.

Selain tu, pada kategori Handphone & Tablet, beberapa perangkat seperti tripod ponsel pintar, power bank, hingga kabel data juga diklaim banyak dicari oleh pengguna.

Baca juga: Ada 2 Juta Penjual Baru Muncul di Tokopedia Selama Pandemi

Tokopedia juga mencatat, kategori Makanan dan Minuman juga masih terus mengalami peningkatan. Di kuartal ketiga ini pertumbuhan kategori ini hampir 3 kali lipat, sementara kategori Rumah Tangga lonjakannya lebih dari 2 kali lipat.

Untuk kategori Kesehatan, produk seperti masker dan pelindung wajah (face shield) masih laris manis dengan peningkatan 2,5 kali lipat.

Kalau kalian sudah belanja apa saja?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Alif lam lam ha 09 October 2020 | 18:17:02

Direktur Eksekutif Komunikasi BI Onnt Widjarnako menjelaskan, sumber terbesar aliran modal asing yang masuk kali ini paling besar berasal dari instrumen Surat Berharga Negara (SBN). Sedangkan instrume

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article