icon-category Digilife

WhatsApp Beri Opsi Baru Untuk Hapus Pesan, Batas Waktu Jadi 2 Hari

  • 10 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Dimitri Karastelev/Unsplash

    Uzone.id - Pernahkah kalian nyesel setelah mengirim pesan di WhatsApp dan penyesalan itu datang secara terlambat? Atau tiba-tiba teringat moment awkward 2 hari lalu pas chatting-an dengan gebetan lalu ingin menghapus pesan tersebut?

    Penyesalan ini kadang bikin si pengirim overthinking, bahkan bikin kepikiran sampai berhari-hari. Maka dari itu, WhatsApp menghadirkan fitur menghapus pesan atau ‘delete message’ yang sangat berguna dalam keadaan genting seperti ini.

    Tepatnya tahun 2017 lalu, WhatsApp mulai memberikan fitur hapus pesan ini, fitur ini disebut juga dengan fitur ‘Delete for everyone’. Seiring berjalannya waktu, fitur ini terus mengalami beberapa perubahan.

    Baca juga: Fitur Baru WhatsApp Ini Bikin Admin Makin Berkuasa di Grup

    Awalnya, WhatsApp hanya memberi kesempatan menghapus pesan 7 menit setelah dikirim, lalu bertambah menjadi satu jam. Tapi opsi ini masih dirasa belum cukup, karena penyesalan kadang datang terlambat, bahkan satu hari setelahnya. 

    Alhasil, karena kebanyakan mikir dan gara-gara penyesalan yang tak kunjung selesai, pesan yang terlanjur dikirim tak bisa ditarik kembali.

    Mendengar keluh kesah penggunanya, WhatsApp menghadirkan fitur delete pesan yang baru dimana akan membuat pengguna memiliki lebih banyak waktu untuk mikir ‘hapus jangan ya?’ sebelum batas waktu yang ditentukan habis.

    Baca juga: Malware Penyedot Pulsa Ancam Pengguna Android, Awas Ketipu!

    Caranya menggunakannya tetap sama kok. Tinggal tekan lama pesan yang ingin kamu hapus, lalu klik opsi ‘hapus’ atau ‘delete’. Kamu juga bisa kok memilih beberapa pesan untuk dihapus sekaligus.

    Terakhir, klik ‘Hapus untuk semua’ atau ‘Delete for anyone’. Jangan pilih ‘Delete for me’ ya, karena opsi ini hanya akan menghapus pesan di chat kamu saja.

    Nah, kalau tadi sebelumnya hanya bisa menghapus pesan yang baru satu jam dikirim. Kali ini, kalian punya waktu 2 hari untuk menghapus pesan ke semuanya. Opsi ini baru banget dirilis WhatsApp pada bulan Agustus ini untuk pengguna iOS dan Android.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini