icon-category Digilife

WhatsApp Rilis Fitur Business Search, Indonesia Kebagian Paling Awal

  • 03 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Mika Baumeister/Unsplash

    Uzone.id - WhatsApp mengumumkan Indonesia sebagai negara pertama yang mendapat akses fitur Business Search lebih awal dibandingkan negara-negara lain di dunia. 

    Secara bertahap, fitur ini bakal diluncurkan mulai 10 Oktober mendatang dan akan tersedia lebih dulu untuk pengguna Android di Indonesia.

    Hal ini diumumkan langsung dalam acara APAC, sebuah konferensi Perpesanan Bisnis Meta untuk wilayah Asia Pasifik pada Jumat, (30/09/2022).

    “WhatsApp adalah cara yang tepat bagi orang-orang dan pelaku bisnis di Indonesia untuk saling terhubung. Sejak meluncurkan Platform WhatsApp Business untuk bisnis berskala besar, kami telah mempercepat dan mempermudah bisnis untuk menyiapkan dan memulai, serta menanggapi pertanyaan pelanggan secara efisien,” kata Deepesh Trivedi, Direktur Business Messaging di Meta APAC.

    Baca juga: Fitur Baru WhatsApp ‘Call Links’, Bisa Telepon Sampai 32 Orang

    Dengan fitur ini, warga Indonesia bisa mencari bisnis berskala besar—yang menggunakan Platform WhatsApp Business—langsung melalui WhatsApp.

    Fitur ini akan sangat berguna di Indonesia karena 7 dari 10 orang mengatakan mereka lebih suka mengirim pesan ke sebuah bisnis daripada menelepon atau mengirim email. 

    Bahkan hal ini juga telah disadari oleh pelaku bisnis dimana mereka kini sudah mulai mengadopsi WhatsApp sebagai cara agar terhubung dengan para pelanggan.

    Sebut saja BCA yang menjalankan layanan bantuan chat 24 jam melalui WhatsApp, Indosat juga menggunakan Chatbot untuk merespon berbagai kebutuhan konsumennya dan berhasil menyelesaikan kebutuhan pelanggan sampai 92 persen.

    Kalau biasanya pengguna harus mengetik nomor atau menekan tautan WhatsApp yang disediakan oleh perusahaan atau pelaku bisnis. 

    Nah, sekarang pengguna bisa lebih mudah menemukan bisnis tertentu dengan Business Search.

    Baca juga: ForcedEntry, Spyware Israel yang Susupi Perangkat Pejabat RI

    “Sekarang, Business Search memberikan cara yang mudah bagi orang-orang untuk menemukan bisnis berskala besar dan mendapatkan bantuan dengan cepat melalui WhatsApp,” tambahnya.

    Caranya, cukup dengan mengetik nama bisnis di bilah Pencarian WhatsApp dan mulai percakapan.

    Fitur ini juga memungkinkan pengguna WhatsApp di Indonesia menemukan bisnis atau perusahaan besar yang telah menggunakan Platform WhatsApp Business untuk membangun solusi kustom berskala besar, dan bukan usaha kecil dan menengah (UMKM) yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business.

    Santoso, Direktur PT. Bank Central Asia Tbk, mengatakan kalau platform Chat WhatsApp Bank BCA memungkinkan nasabah terhubung dengan BCA 24x7. 

    “Nasabah dapat bertanya seputar produk BCA, mengirimkan informasi dalam format gambar ataupun video yang membantu kami memahami isu yang mereka hadapi dengan lebih baik,” ujar Santoso.

    Sementara Ritesh Kumar Singh, Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, “Banyak pelanggan kami yang menggunakan WhatsApp. Jadi kami membuat chatbot yang dilengkapi beberapa fitur, seperti mengecek pulsa dan kuota data, mengunduh tagihan, serta menjawab kebutuhan pelanggan.”

    Ia menyebut kalau fitur Business Search akan semakin memudahkan pelanggan untuk menemukan Indosat Ooredoo Hutchison melalui WhatsApp.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini