Digilife

WhatsApp Ujicoba Direktori Bisnis Lokal, Indonesia Jadi Kandidat Selanjutnya

  • 20 September 2021
  • Bagikan :

    Foto: Aarn Giri/Unsplash

    Uzone.id - WhatsApp telah meluncurkan layanan baru di aplikasinya yang berfungsi untuk menemukan bisnis-bisnis lokal di lingkungan penggunanya.

    Untuk saat ini, fitur tersebut masih dalam tahap testing serta dilakukan secara terbatas di Sao Paulo, Brasil. 

    Mengutip Lowyat.net, Matt Idema selaku Vice President of Business Messaging Facebook juga mengisyaratkan bahwa India dan Indonesia akan menjadi kandidat selanjutnya untuk memperluas fitur tersebut di masa yang akan datang.

    Baca juga: Clubhouse Siapkan Fitur Waves, Cara Baru Undang Teman Ke Obrolan

    Bos WhatsApp dalam akun Twitternya @wcathcart mengkonfirmasi keberadaan fitur pencarian bisnis lokal ini. 

    Saya sangat senang kami mulai merintis direktori bisnis lokal dalam aplikasi @WhatsApp.” tulisnya.

    Ini akan membantu kalian menemukan dan menghubungi bisnis lokal, seperti kedai kopi, toko bunga, toko pakaian, dan lainnya di sekitar kalian,” tambahnya.

    Dalam tangkapan yang dibagikan Cathcart, bisnis tersebut nantinya masuk ke beberapa kategori, seperti restoran, apparel & Clothing, dan lainnya.

    Bagi yang khawatir akan data privasi mereka, Bos WhatsApp ini menekankan bahwa fiturnya tidak mencatat lokasi atau pencarian pengguna di direktori. 

    Baca juga: Tips Hilangkan Menu Arsip Di Layar Atas WhatsApp

    Vice President of Business Messaging Facebook, Matt Idema mengatakan bahwa uji coba yang sedang dilakukan di Sao Paulo, melibatkan ribuan bisnis lokal di daerah tersebut. Termasuk dalam kategori makanan, ritel, dan layanan lokal. 

    Sudah dari tahun 2018, WhatsApp mulai menawarkan aplikasi mandiri bagi bisnis-bisnis kecil. Dan tahun lalu, WhatsApp mulai menambahkan fitur belanja dan keranjang di platformnya.

    Tak hanya itu, di masa depan WhatsApp kemungkinan akan menambahkan iklan sebagai bagian dari model bisnis WhatsApp.