icon-category Digilife

Windah Basudara Hingga Jess No Limit Kuasai YouTube Indonesia

  • 03 Dec 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Eyestetix Studio/Unsplash

Uzone.id - Setelah kehadiran Spotify Wrapped 2022 yang mengajak pecinta musik untuk kilas balik selama 11 bulan ke belakang, kini giliran YouTube yang ikut mengungkap siapa saja yang menguasai platform video ini di Indonesia selama satu tahun ke belakang.

Tahun ini, berbagai peristiwa diabadikan di YouTube dengan berbagai cara, apalagi kehadiran fitur Shorts turut meramaikan Kilas Balik YouTube tahun ini. 

YouTube menyebut kalau tahun ini merupakan sebuah tahun yang campur aduk bagi warganet Indonesia. Bukan tanpa alasan karena tahun ini tentu diisi berbagai moment, dari yang bahagia, sedih, mengharukan, hingga duka.

Baca juga: Siapa yang Rajai Spotify Wrapped 2022 di Indonesia?

YouTube Indonesia tahun ini ternyata dikuasai oleh Windah Basudara yang berhasil menempati posisi pertama Top Creators, dianjur oleh Deddy Corbuzier, Frost Diamond, hasanjr11, Alshad Ahmad, SULE PRODUCTIONS, Fuji an, MiawAug, tanboy kun dan Wisnu Trijaya.

Windah Basudara, mantan mahasiswa drop-out ini kini menjadi kreator dengan 8 juta lebih subscriber, ia berhasil menjadi salah satu YouTuber gaming terpopuler di Indonesia.

Untuk kategori Breakthrough Creators, ada Timotius Mulyadi, Steven Stenly, Itsmeissie, Piko Pocica, Vaynard Gaming, SunnydahyeIn, FerixX, Regita Masri, Bobacott, miss wortel.

Siapapun bisa menjadi kreator, sebut saja Timotius Mulyadi yang merupakan seorang atlet renang yang kini menjadi kreator terobosan, banyak membuat video Shorts berdurasi kurang dari 60 detik seputar dunia renang, dan lainnya. 

Seperti yang kita tahu, banyak video-video vlog ataupun talkshow yang banyak menyita banyak perhatian warganet, mulai dari video kompetisi Tepok Bulu hingga percakapan mendalam Nazwa Shihab dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Video YouTube yang paling populer tahun ini jatuh kepada video Deddy Corbuzier berjudul Live Azka Corbuzier VS Vicky Prasetyo Boxing. Di posisi kedua ada Jess No Limit dengan video Bucin Sama Sisca Kohl.

Baca juga: Deretan Aplikasi dan Game Terbaik 2022 Versi Google Play

Selanjutnya di posisi ketiga ada video dari channel VINDES dengan judul Pertandingan Tepok Bulu Terfantastis 2022: Vincent VS. Jebreet!, posisi keempat ditempati oleh Tanboy Kun  dengan video Lebaran Mukbang Samyang Keju + KFC Saos Samyang + 10 Telur + Daging Kotak!!

Kemudian di posisi kelima ada Taulany TV dengan judul Sidak Rumah Baru Surya.. Mewah Banget Surya Udah Kaya Raya. Kemudian dilanjut dengan video dari Najwa Shihab dengan tajuk Ridwan Kamil, Atalia, dan Eril: Cinta Tak Terbilang | Mata Najwa.

Selanjutnya, tak ingin ketinggalan tren, YouTube setahun belakangan ini menghadirkan konten video pendek dalam fitur Shorts, tentu mereka turut menyoroti siapa saja yang menguasai platform ini selama 12 bulan terakhir di Indonesia.

Video Shorts yang viral dan paling banyak diputar di Indonesia selama 2022 adalah Shorts buatan Valen Rewah tentang kasih sayang seorang ayah, kemudian dilanjut oleh video Shorts dari Steven Stenly tentang kebaikan pramugari, atau video Yudist Ardhana tentang nilai kerja sama tim. 

Video-video Shorts dari kategori konten Komedi juga mendominasi YouTube Shorts Indonesia selama tahun ini, salah satunya karya dari Putih Abu-Abu, Bobacott, video sketsa dari SebutSaia Dayat, Ken & Grat Diary, Luqmanry, Itakimo Bali dan Itsseissie.

Untuk musik sendiri, ada Keisya Levronka, melalui video musik berjudul “Tak Ingin Usai” yang muncul dua kali dalam daftar video musik terpopuler dengan format video lirik dan video musik resmi.

Baca juga: Spotify Wrapped 2022 Akhirnya Tiba, Begini Cara Membuatnya

Dilanjut oleh video Tulus ‘Hati-Hati di Jalan (Official Lyric Video)’, kemudian ada  Yeni Inka ft Farel Prayoga dengan lagu ‘Joko Tingkir Ngombe Dawet (Official Music Video ANEKA SAFARI)’

Kemudian ada Fabio Asher - Rumah Singgah (Official Music Video), Kangen Band - Cinta Sampai Mati (Official Music Video), Rizky Febian - Hingga Tua Bersama (Official Music Video) dan lainnya.

Untuk mengetahui siapa saja yang masuk dalam list 10 besar kreator dan musisi paling banyak ditonton di YouTube versi Indonesia, kalian bisa membuka situs resmi YouTube Top 10.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini