icon-category Digilife

Windows 11 Bakal Kasih Tau Saat Aplikasi 'Kepoin' Kegiatan Kamu

Ilustrasi pengguna memakai laptop Windows 11 (Foto: Microsoft)

Uzone.id - Seperti Android 12, Windows 11 juga bakal kasih tau penggunanya saat ada aplikasi yang mengakses izin sensitif di perangkat, seperti mikrofon sampai kamera. Fitur privasi tersebut akan dihadirkan pada update Windows 11 mendatang.

Kemampuan baru dari Windows 11 itu diungkap oleh VP Microsoft for Enterprise & OS Security, David Weston. Lewat Twitter, ia memperlihatkan fitur bernama 'Privacy Auditing' yang hadir dalam Windows 11 versi preview build.

Versi pratinjau tersebut tengah diuji melalui Dev Channel, sehingga belum dapat dirasakan oleh para pengguna pada umumnya. Sekadar informasi, Dev Channel merupakan preview build paling awal dari OS sebelum bisa digunakan oleh pengguna umum.

"Privacy Auditing di Windows 11 memungkinkan Anda meliha histori akses sensitif seperti mikrofon," jelas David.

Baca juga: Microsoft Defender Kasih Perlindungan untuk Android, iOS & macOS

Mengutip dari Techradar, fitur ini dapat ditemukan melalui Settings > Privacy & Security dan masuk ke App Permissions. Di sana akan ditampilkan aplikasi apa saja yang mengakses izin sensitif selama ini seperti kamera dan mikrofon untuk memeriksa aktivitas yang mencurigakan.

Tampilan fitur Privacy Auditing di Windows 11

Tak cuma itu, Privacy Auditing juga punya kemampuan untuk mengawasi aplikasi yang mengakses daftar kontak atau detail yang berkaitan dengan lokasi, panggilan telepon, dan sebagainya.

Dalam setiap kejadian, pengguna pun diberi tahu waktu dan tanggal kapan aplikasi menggunakan akses sensitif tersebut dan fungsi apa yang digunakannya.

Baca juga: Cara Tampilkan Stiker di Windows 11

Tentunya, kehadiran fitur baru di Windows 11 tersebut sangatlah bagus untuk transparansi kepada pengguna terkait fungsi sensitif apa yang dipakai oleh aplikasi yang sehari-hari mereka gunakan.

Jika ada aplikasi yang mencurigakan, pengguna pun diberikan kuasa untuk menghentikannya atau bahkan menghapusnya. Kita nantikan saja kehadiran update ini ya!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini