3 Cara Mudah Meeting Online Pakai UMeetMe yang Mirip Zoom - Uzone
home ×
Telco

Work From Home, 3 Cara Mudah Meeting Online Pakai UMeetMe yang Mirip Zoom

30 March 2020 By
Work From Home, 3 Cara Mudah Meeting Online Pakai UMeetMe yang Mirip Zoom
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Era work from home masih berlanjut setidaknya sampai wabah covid-19 mereda. Di saat inilah aplikasi live streaming menjadi primadona karena bisa mengumpulkan banyak orang dalam satu layar perangkat.

Aplikasi yang paling popular memang sering-sering disebut dengan nama Zoom. Namun ternyata ada aplikasi lokal yang memiliki kemiripan dengan platform tersebut, namanya UMeetMe.

UMeetMe merupakan platform live streaming buatan lokal, tepatnya besutan dari perusahaan telekomunikasi Indonesia, Telkom. Nama ini pernah tenar pada 2014 lalu, saat mendukung aksi blusukan Jokowi ke pola digital (e-Blusukan).

Baca juga: Telkomsel Kasih 30GB Buat Mahasiswa Belajar

 
Nama UMeetMe kembali menjadi perbincangan karena memiliki fitur yang hampir sama dengan Zoom. Setidaknya ada 3 cara mudah untuk bisa menggunakan UMeetMe dan mengandalkannya sebagai platform meeting online.

Pakai di web

Untuk bisa menggunakan layanan ini, cukup hubungi situs resmi UMeetMe. Di sini, pengguna akan dihadapkan pada sebuah layar yang dipenuhi dengan warna merah menyala, khas Telkom.

Di bagian tengah, tentu saja ada logo UMeetMe besar. Pengguna juga disuguhkan dengan cara mudah menggunakan video conference di platform ini.

Buat Room

Di bagian bawah ada sebuah kolom panjang yang mengharuskan anda untuk memasukkan nama Room yang ingin digunakan. Nama Room untuk conference di UMeetMe harus menggunakan huruf dan angka tanpa jeda/spasi atau karakter di luar itu. Boleh menggunakan huruf besar kecil, tapi tidak bisa menggunakan tanda hubung, baik koma, titik, garis tengah, dan sejenisnya.

Lalu klik Create.

Bagikan

Di bagian kanan bawah ada sebuah logo bulat huruf i. Klik ikon i tersebut dan akan muncul link untuk disebar ke anggota yang ingin kamu ajak bergabung.

Baca juga: Kreatifnya Telkomsel, Sinyal Seluler Berganti 'DiRumah Aja'

Kita bisa menciptakan nama Room apa saja dan mengundang siapa saja. Oia, kalau kamu ingin privasi, room kamu harus menggunakan password sehingga siapa pun yang ingin bergabung harus memiliki password untuk akses masuk.

Jika tidak, siapa saja bisa nyasar ke room kamu dan bergabung dengan meeting kita.

Fitur-fitur lain yang ada di platform ini cukup menarik. Beberapa di antaranya adalah bisa share screen atau share video Youtube. Ini memungkinkan semua peserta di room itu untuk menonton video bersama (nobar).

Yang terpenting, kamu bisa memburamkan background tempat kamu melakukan meeting online di UMeetMe. Jadi di layar fokus pada wajahmu saja. 

Layanan konferensi video terpadu berbasis internet ini juga telah digunakan untuk program pembelajaran jarak jauh, komunikasi perusahaan lintas negara, sampai digunakan untuk pemantauan arus mudik, dan fasilitas komunikasi TKI Indonesia di luar negeri dengan sanak saudara di tanah air.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

5 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
DimasHardstyle 16 April 2020 | 10:25:31

lumayan mudah ya ternyata memakai UMeetMe seperti Zoom

DHStyle 14 April 2020 | 11:09:18

apakah lebih aman? zoom aja ga aman mendingan discord

Alex Aprilio 04 April 2020 | 20:18:06

apakah ini bisa di bilang lebih aman dari zoom

Miskin aman 04 April 2020 | 19:07:50

mungkin aplikasinya tidak beda jauh dari zoom nih

Aditya Pranata 30 March 2020 | 14:32:12

bagus nih.. bisa ditiru buat yang lagi #️Workfromhome yekan

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article