icon-category Gadget

WWDC 2022: Ada MacBook Air Pakai Chip M2, Harga Mulai Rp17 Jutaan

  • 07 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Apple tak hanya memperkenalkan pembaruan sistem operasinya saja di hajat WWDC 2022 yang digelar dini hari (7/6) secara online, tapi juga menjadi panggung bagi pengumuman chip M2 serta MacBook Air baru.

    Lini MacBook Air diklaim menjadi laptop paling laris keluaran Apple, mungkin hal ini yang mendorong perusahaan asal Cupertino, California, AS ini untuk memperkenalkan chip M2 langsung di MacBook Air teranyar.

    Dari paparan Engineering Program Manager Apple, Kristin White, MacBook Air baru ini dibalut desain baru yang lebih ramping berbahan aluminium kokoh.

    “Ketebalannya hanya 11,3 mm dengan bobot 1,2 kilogram. Layarnya liquid retina berukuran 13,6 inci dengan tingkat brightness mencapai 500 nits dan ketajaman warna yang jauh lebih maksimal dibandingkan seri sebelumnya,” jelas Kristin saat acara berlangsung.

    Baca juga: Apple Pamer iOS 16 dan MacOS Ventura

    Hal menariknya, MacBook Air baru ini dilengkapi kemampuan MagSafe, serta dua port Thunderbolt untuk menghubungkan berbagai aksesori, serta audio jack 3,5 mm.

    Apple juga menyajikan adaptor charger 35W dengan dua port USB-C agar pengguna bisa mengisi daya ulang baterai dua perangkat sekaligus. Tentunya adaptor ini dijual secara terpisah, belum termasuk ke dalam paket penjualan.

    Kristin mengatakan, pertama kalinya MacBook Air mendukung fast-charging yang memungkinkan pengguna mengisi ulang daya baterainya mencapai 50 persen hanya dalam waktu 30 menit menggunakan adaptor USB-C 67W.

    (Adaptor charger 35W dengan dua port USB-C)

    “Melalui chip M2, kami memang ingin memberikan performa yang jauh lebih kencang dengan daya yang lebih efisien. Sebagai contoh, performa M2 saat menggunakan aplikasi Final Cut Pro lebih kencang 40 persen dibandingkan M1,” tutur Kristin.

    Lebih lanjut, Kristin juga menjelaskan kalau MacBook Air anyar ini bertahan 18 jam untuk video playback. M2 juga diklaim lebih kencang 18 persen dari sisi performa CPU jika dibandingkan M1.

    MacBook Air baru dilengkapi Magic Keyboard yang memiliki Touch ID dan trackpad berukuran luas dengan Force Touch. Sementara di bagian kamera, Apple membekalinya dengan kamera depan 1080p FaceTime HD dan sensor gambar lebih besar yang dipercaya bisa tetap tampil maksimal di kondisi low-light.

    Terdiri dari varian warna silver, starlight, space gray, dan midnight, MacBook Air M2 dibanderol mulai USD1.199 atau setara Rp17,3 juta. Sedangkan untuk penjualan edukasi, perangkat ini dibanderol USD1.099 atau sekitar Rp15,8 juta.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini