icon-category Digilife

WWDC 2022: Apple Pamer iOS 16 dan MacOS Baru Bernama Ventura

  • 07 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Apple menggelar acara Worldwide Developers Conference (WWDC) dini hari ini, 7 Juni 2022 secara online di situs resmi perusahaan dan juga kanal YouTubenya. Dari berbagai hal yang diumumkan, tentunya iOS 16 hingga MacOS menjadi hal yang dinantikan.

    Pembaruan sistem operasi untuk perangkat iPhone ini membawa beberapa fitur baru. Dari penjelasan Senior Vice President of Software Engineering Apple, Craig Federighi, iOS 16 akan membawa tampilan segar untuk Lock Screen.

    Mungkin fitur personalisasi pada Lock Screen ini bukan hal baru bagi perangkat Android karena pengguna bisa menyesuaikan gaya, warna, font, hingga widget di tampilan layar ponsel saat posisi terkunci.

    “Lock screen menjadi hal pertama yang kalian lihat setiap memegang iPhone. Bagian ini bisa begitu personal sekaligus penuh manfaat. Di iOS 16, pengguna bisa menyesuaikannya sesuai selera dan kebutuhan,” ungkap Craig saat acara WWDC 2022 berlangsung.

    Secara singkat, iOS 16 menawarkan Lock Screen yang dapat diotak-atik pengguna dengan cara press and hold untuk membuat personalisasi sendiri. Cara kerjanya mirip seperti mengubah watch face pada Apple Watch, setelah ditekan pada bagian layar, pengguna tinggal melakukan swipe untuk mengubah berbagai style berbeda.

    iOS 16 akan menyajikan beragam font pada bagian jam dan keterangan hari, warna latar belakang dan palet dari tampilan layar, hingga mengatur widget yang sekiranya dibutuhkan dan diinginkan pengguna seperti Fitness Center, keterangan baterai, Activity, kalender, dan lain-lain.

    “Kami juga menyediakan Lock Screen emoji wallpaper dan pride wallpaper. Setiap style dari lock screen ini bisa disesuaikan juga dengan Focus. Jadi, misalnya lock screen foto keluarga bisa di-set untuk Focus Auto. Lalu, lock screen gambar lanskap perkotaan kalian atur sebagai Focus Work,” terang Craig.

    Berbicara soal Focus, iOS 16 juga menawarkan Focus Filter di beberapa aplikasi. Misalnya, pada browser Safari, pengguna bisa mengaktifkan Focus Work dan nantinya tab yang muncul hanya yang berkaitan dengan pekerjaan.

    Baca juga: Harga iPhone 14 Bakal Meroket?

    Selain Lock Screen dan Focus, iOS 16 juga membawa perubahan bagi perpesanan atau Messages.

    “Kalian bisa mengedit pesan yang sudah dikirim. Jadi harusnya bisa terhindar dari typo. Selain itu, kita juga bisa melakukan undo send, atau membatalkan pesan atau chat yang sudah dikirim. Fitur ini pastinya akan memudahkan kita,” kata Craig lagi.

    Selain iOS 16, sistem operasi baru lainnya yang dipamerkan adalah MacOS.

    Sistem operasi untuk perangkat Mac ini diberi nama Ventura. Sesuai tradisi Apple, nama MacOS memang diambil dari nama tempat di kawasan California. Ventura sendiri adalah nama kota di California yang dikenal terletak di antara Santa Barbara dan Los Angeles.

    Fitur-fitur yang dibawa MacOS Ventura pun beragam.

    Hal pertama yang diperkenalkan Craig adalah Stage Manager. Fitur ini dipercaya akan berguna bagi pengguna yang menyukai produktivitas sehari-hari.

    “Stage Manager membuat kita bisa memindahkan berbagai macam aplikasi dan pekerjaan di perangkat Mac dengan sangat mudah. Tujuannya, biar tetap fokus tanpa banyak gangguan. Ini semua bisa kita aktifkan di bagian Control Center,” jelas Craig.

    Stage Manager berfungsi untuk mengatur tampilan pada layar Mac agar lebih rapi. Selama ini jika kita membuka beberapa window aplikasi, semuanya menumpuk tak beraturan di layar. Dengan Stage Manager, tampilannya jadi lebih rapi seperti ini.

    Aplikasi manapun yang kita klik, dia akan menjadi sorotan utama yang muncul di depan kita, sementara window lainnya akan tersusun secara rapi di bagian samping.

    (Tampilan fitur Stage Manager pada MacOS Ventura)

    Selain itu, pada bagian Mail, pengguna kini juga bisa membatalkan email yang telah dikirim.

    “Kami juga memperkenalkan Shared Tab Groups di browser Safari yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna dan teman-teman atau keluarga terdekat agar lebih mudah eksplorasi web secara bersamaan,” terangnya lagi.

    Apple juga menambahkan fitur Passkeys pada MacOS Ventura untuk meningkatkan keamanan, khsusunya dari aksi phishing para hacker. Apple bekerja sama dengan Findo Alliance untuk menghadirkan teknologi cryptographic pada Passkeys ini.

    Selebihnya, MacOS Ventura menyajikan pengalaman FaceTime yang semakin menyeluruh, salah satunya Continuity Camera yang mengintegrasikan kamera iPhone sebagai webcam dari MacBook.

    “Tinggal pakai stand khusus untuk iPhone ini yang ditempelkan pada bodi belakang, tak perlu plug-in apapun lagi, lalu letakkan iPhone di bagian atas Mac, maka webcam laptop langsung aktif menggunakan kamera iPhone. Stand iPhone ini akan kami rilis akhir tahun,” kata Craig.

    MacOS Ventura juga memungkinkan menerima panggilan FaceTime dari iPhone. Jadi ketika pengguna sedang video call melalui FaceTime di iPhone, MacOS Ventura memberi notifikasi berupa opsi “Switching” agar video call tersebut pindah ke perangkat Mac.

    Bagaimana menurut kalian?

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini