icon-category Gadget

Xiaomi 12 Kemahalan? Masih Ada Xiaomi 12T Nih, Rp6 Jutaan Doang

Uzone.id - Butuh waktu 2 bulan bagi Xiaomi untuk mendatangkan Xiaomi 12T ke Indonesia. Yang bikin kecewa, cuma satu varian pula yang dihadirkan ke tanah air, tanpa adanya Xiaomi 12T Pro yang benar-benar dinantikan oleh para penggemarnya di Indonesia.

Termasuk kami, memang cukup mengecewakan Xiaomi memutuskan tak membawa Xiaomi 12T Pro ke Indonesia. Alasannya, siapa lagi yang bakal ‘melawan’ Infinix Zero Ultra yang melenggang sendirian sebagai smartphone dengan kamera 200 MP di Indonesia.

Biarkan kekecewaan tersebut tenggelam dengan sendirinya, sebaiknya fokus saja ke Xiaomi 12T yang baru saja diluncurkan di Indonesia. Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp6,5 jutaan, jauh lebih murah dibanding Xiaomi 12 reguler yang kini harganya Rp8 jutaan.

Smartphone ini membawa banyak peningkatan dari generasi sebelumnya, terutama pada sektor dapur pacu yang kian flagship.

Xiaomi 12T ditenagai oleh prosesor high-end MediaTek Dimensity 8100-Ultra. SoC (system on chip) ini dirancang khusus untuk perangkat Xiaomi, bertujuan agar performanya kian maksimal untuk berbagai skenario pemakaian.

Dimensity 8100-Ultra dibuat dengan arsitektur 5nm, serta mengusung dua kluster CPU yang terdiri dari 4-core Cortex-A78 dengan kecepatan 2,85 GHz dan 4-core Cortex-A55 dengan clock-speed 2 GHz.

T Series adalah smartphone dengan kamera flagship dengan performa high-end,” jelas Vanessa Tan, Director of Marketing Xiaomi Indonesia.

Baca juga: Dear Mi Fans, Xiaomi 13 Rilis Bareng Smartwatch dan MIUI 14 Lho!

Prosesor ini dipasangkan dengan satu varian RAM dan penyimpanan internal saja. RAM Xiaomi 12T berjenis LPDDR5 yang lebih canggih ketimbang LPDDR4X, dengan kapasitas 8 GB yang bisa di-upgrade secara virtual hingga 3 GB berkat fitur Memory Expansion.

Sementara media penyimpanan internalnya berjenis UFS 3.1 seluas 256 GB. UFS 3.1 punya write dan read speed yang lebih cepat ketimbang UFS 2.2 pada smartphone Android kelas menengah kebanyakan.

Spesifikasi dari Xiaomi 12T Pro sedikit diturunkan untuk model reguler yang beredar di Indonesia, seperti baterai dan layar. Xiaomi 12T ditopang baterai 5.000 mAh yang bisa diisi dayanya dengan fast charging 120W.

Beruntung buat para pengguna, Xiaomi tetap menyertakan adaptor charger 120W dalam paket pembelian, lengkap dengan kabel USB-C. Adaptor ini juga bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain, termasuk laptop.

Juga, Xiaomi 12T punya layar AMOLED DotDisplay dengan resolusi 2K atau 2.712 x 1.220 piksel, sebuah peningkatan signifikan yang masih Full HD+ saja.

Baca juga: 10 Smartphone yang Pakai Snapdragon 8 Gen 2, Incaran Kamu Ada?

Layarnya pun mendukung HDR10+, refresh rate 120Hz, dan intensitas cahaya maksimalnya mencapai 900 nits. Namun sayangnya, lapisan kaca pelindungnya malah downgrade menjadi Gorilla Glass 5 saja.

Kamera 108 MP dengan OIS

Xiaomi 12T menggunakan sensor 108MP ISOCELL HM6. Beda dari sebelumnya, kamera tersebut didukung oleh OIS atau optical image stabilization, dapat merekam video 8K dan fitur eye-tracking.

“Xiaomi 12T punya Ultra Stable Shot dengan sensor kamera ISOCELL HM6 108MP dan dukungan OIS,” terang Calvin Nobel, Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia.

Dua kamera lainnya adalah kamera ultra wide 8 MP dan makro 2 MP. Sayang, tak seperti Xiaomi 11T yang punya kamera makro 5 MP dengan autofocus, kamera makro di smartphone baru Xiaomi berjenis lensa fixed focus.

Baca juga: Perbandingan Kamera 200 MP, 108 MP, 50 MP & 48 MP, Lebih Bagus Mana?

Sementara di depan, Xiaomi 12T dilengkapi kamera selfie 20 MP. Fitur lainnya, smartphone ini punya NFC, speaker stereo, Bluetooth 5.3, WiFi 6, hingga sensor sidik jari di dalam layar berjenis optical.

Harga dan ketersediaan

Xiaomi 12T tersedia dalam warna Blue dan Black dan dijual dengan harga Rp6.599.000. Smartphone ini sudah bisa dipesan melalui skema pre-order pukul 12:00 WIB di Tokopedia, Mi.com, Xiaomi Store, Xiaomi Shop, dan gerai Erafone.

Pembeli berkesempatan mendapatkan Xiaomi Smart Band 7, cashback hingga Rp300 ribub, promo kuota dari XL Axiata sebesar 35 GB, dan promo lainnya dari bank yang telah bekerja sama.

VIDEO Review Xiaomi 12T:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini