icon-category Gadget

10 Smartphone yang Pakai Snapdragon 8 Gen 2, Incaran Kamu Ada?

Uzone.id - Di acara Snapdragon Summit 2022, Qualcomm mengumumkan jajaran pabrikan smartphone yang nantinya akan merilis ponsel dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 2.

Di antaranya ada Asus ROG, Honor, iQOO, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, Redmagic, Redmi, Sharp, Sony, Vivo, Xiaomi, Xingji atau Meizu, hingga ZTE.

Menurut Chris Patrick selaku Senior VP and General Manager of Mobile Handsets Qualcomm, smartphone pertama dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 2 akan rilis di akhir tahun ini. 

Di saat yang sama, bos Xiaomi, Lei Jun melalui Twitter, turut mengumumkan kalau smartphone flagship terbaru Xiaomi menjadi yang pertama menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 2. 

Baca juga: Snapdragon 8 Gen 2 Dukung Ray Tracing, Game Android Makin Mirip PC

Diharapkan smartphone yang dimaksud Lei Jun adalah Xiaomi 13 Series. Suksesor Xiaomi 12 tersebut memang santer dikabarkan bakal launching di akhir tahun ini.

Bukan cuma lebih kencang, Xiaomi 13 Series dilengkapi dengan sistem kamera hasil kolaborasi perusahaan dengan Leica. 

Selain Xiaomi 13, ada OnePlus 11 Series yang besar kemungkinan ditenagai prosesor flagship dari Qualcomm. Dari bocoran yang muncul ke permukaan, smartphone ini turut dilengkapi dengan RAM 16 GB, penyimpanan 256 GB, serta baterai 5.000 mAh yang didukung teknologi fast charging 100W.

Oppo gak mau ketinggalan. Melalui seri Oppo Find X6 Pro, perusahaan asal China ini ikutan menghadirkan smartphone Android dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 2.

Penerus Find X5 Pro itu juga membawa peningkatan pada kameranya. Memanfaatkan ISP (image signal processor) canggih dari Snapdragon 8 Gen 2 plus NPU (neural processing unit) buatan sendiri MariSilicon X, Oppo menyematkan kamera utama dengan sensor Sony IMX989 berukuran 1 inci yang mirip Xiaomi 12S Ultra.

Kemudian ada Motorola X40 Series, Vivo X90 Pro+, Red Magic 8 Pro dan iQOO 11 yang sudah dipastikan ditenagai prosesor yang sama. Teaser dari ketiga smartphone tersebut sudah disebarluaskan oleh masing-masing brand, sekaligus mengunggulkan performa kelas atas yang jauh lebih baik dari seri sebelumnya.

Baca juga: Asus Zenfone 9, Smartphone Snapdragon 8+ Gen 1 Termurah di Indonesia

Last but not least, Samsung Galaxy S23 Series. Samsung memang tak ditampilkan dalam daftar resmi yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 2.

Namun dari bocoran benchmark yang beredar, Samsung Galaxy S23, S23+ dan S23 Ultra bakal ditopang oleh chipset Snapdragon 8 Gen 2 dengan prime-core CPU dan GPU yang jauh lebih kencang. 

Tentu, bukan cuma smartphone yang disebutkan di atas saja. Masih banyak ponsel-ponsel lainnya yang bakal menyusul dengan SoC (system on chip) terbaru Qualcomm tersebut di tahun depan, jadi patut ditunggu kehadirannya oleh kalian ya!

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini