icon-category Gadget

Xiaomi 12S Ultra Bawa Kamera Paling Ajib, Harga Rp13 Jutaan

Uzone.id - Smartphone pertama hasil kolaborasi Xiaomi dan Leica akhirnya meluncur juga. Xiaomi 12S Ultra, seri smartphone flagship yang membawa spesifikasi gahar, desain premium, kamera yang menjanjikan dan pastinya harga yang cukup tinggi.

Kamera jadi kelebihan paling utama yang dibawa oleh Xiaomi 12S Ultra. Bahkan, Xiaomi berani mengklaim kalau smartphone barunya memiliki kamera yang paling impresif untuk saat ini.

Konfigurasi kamera yang dibawa ponsel ini mirip seperti Xiaomi Mi 11 Ultra. Kamera utamanya menggunakan sensor 50,3MP dengan sensor terbaru Sony IMX989 berukuran 1 inci. Ini adalah sensor terbesar untuk kamera ponsel dan mampu menghasilkan foto di resolusi 12,5MP berkat skema 4-in-1 pixel binning.

Hardware kamera yang jagoan dipadukan dengan teknologi pencitraan dari Leica. Perusahaan optik asal Jerman ini membawa desain optik dan software pencitraan pada Xiaomi 12S Ultra.

Kamera ini memiliki lensa berjenis 8P yang diklaim dapat menangani masalah seperti flare, chromatic aberration, ghosting dan masalah pemotretan lainnya yang berkaitan dengan cahaya. 

Leica juga membubuhi kamera Xiaomi 12S Ultra dengan lapisan lens edge ink hingga filter cahaya infrared dengan teknologi spin coating. Sebagai finishing, tak lupa ditaruh label Summicron yang ikonik.

Baca juga: Harga iPhone 14 Series Pasti Naik!

Pada bagian software, kamera utama Xiaomi 12S dimungkinkan memotret dengan dua gaya otentik dari Leica, yakni Leica Authentic Look dan Leica Vibrant Look. 

Kedua filter ini menghasilkan gambar yang alami dan berfokus pada kontras cahaya dan bayangan, serta menambah kedalaman pada foto. Selain itu, ada pula filter Leica Vivid, Leica Natural, Leica BW Natural hingga Leica BW High Contrast. 

Adapun untuk dua kamera lainnya adalah sepasang kamera 48MP dengan sensor Sony IMX586 berukuran 1/2.0 inci untuk ultra wide dan telephoto dengan jenis lensa periskop. Dua sensor ini mirip dengan Xiaomi Mi 11 Ultra.

Masih soal kamera, Xiaomi 12S Ultra menjadi smartphone Android pertama di dunia yang mampu merekam video di format Dolby Vision HDR. Sedangkan di depan, ada kamera 32MP yang bisa merekam video dengan kualitas HDR.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi 12S Ultra

Namanya ponsel flagship, semua teknologi baru dijejalkan pada Xiaomi 12S Ultra. Ponsel ini mengusung layar dengan kualitas menakjubkan berkat panel E5 Super AMOLED berukuran 6,73 inci dan beresolusi QHD+ atau 3K.

Layarnya mendukung teknologi AdaptiveSync Pro, yang membuatnya bisa menampilkan konten pada frekuensi 1Hz hingga 120Hz secara adaptif.

Soal spesifikasi dapur pacunya, Xiaomi 12S Ultra ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1 yang dipasangkan dengan RAM 8 GB atau 12 GB berjenis LPDDR5 dan memori penyimpanan 256 GB atau 512 GB UFS 3.1.

Untuk menjaganya tetap berada di suhu yang normal, disematkan sistem pendingin bernama 3D Liquid Cooling agar performa tetap stabil kapanpun dibutuhkan.

Di sektor baterai, ponsel ini ditopang oleh baterai 4.860 mAh yang didukung fast charging 67W, wireless charging 50W dan reverse wireless charging 10W. Lapisan keamanan khusus diberikan Xiaomi melalui chipset kustom buatan sendiri bernama Surge P1 Charging.

Baca juga: Review Lengkap Poco F4 GT

Chip ini melindungi baterai dari overcharging dan membuat baterai tetap memiliki masa pakai yang panjang. Chip ini juga mengelola penggunaan baterai dan memperpanjang daya tahannya.

Fitur lainnya, Xiaomi 12S punya NFC, speaker stereo racikan harman Kardon dan mendukung Dolby Atmos, mengantongi rating IP68, serta berjalan di MIUI 13 berbasis Android 12.

Xiaomi 12S Ultra tersedia hanya di China saja dengan harga 5.999 yuan atau Rp13,4 jutaan untuk model 8/256 GB, 6.499 yuan atau Rp14,5 jutaan untuk varian 12/256 GB dan 6.999 yuan atau Rp15,6 jutaan untuk versi tertinggi 12/512 GB.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini