home ×
Gadget

Xiaomi Bikin FItur Canggih Ini Demi Gaming Makin Ngebut

08 October 2020 By
Xiaomi Bikin FItur Canggih Ini Demi Gaming Makin Ngebut
Share
Share
Share
Share

(Ilustrasi Mi 10 Ultra/dok. Xiaomi)

Uzone.id -- Kapasitas RAM di ponsel pintar kian meningkat, sampai-sampai rasanya butuh ponsel yang harus punya RAM 8GB, atau 16GB sekalian jika hobi multitasking, foto-foto, hingga gaming. Xiaomi pun mengakali hal ini dengan memamerkan fitur baru.

Xiaomi belum lama ini memperkenalkan teknologi yang diberi nama RAMDISK, teknologi yang menggunakan RAM ponsel sebagai penyimpanan disk dan dapat meningkatkan performa aplikasi tertentu, khususnya game.

Teknologi ini pada dasarnya hadir untuk perangkat komputer, namun sejauh ini, baru RAMDISK Xiaomi tampaknya yang tersedia untuk ponsel pintar.

Mengutip GizmoChina, sebagai awalan Xiaomi memperkenalkan Trial Mode dari RAMDISK, di mana pengguna Mi 10 Ultra bisa memanfaatkan RAM 16GB LPDDR5 UFS 3.1 di dalamnya untuk memori internal.

Baca juga: Dibanderol Rp11 Juta, Ini Spek Mi 10T dan Mi 10T Pro

Sebagai contoh yang sudah memakai uji coba ini, kecepatan RAM di Mi 10 Ultra adalah 44GB per detik, sementara kecepatan read dan write dari UFS 3.1 berkisar di 1700 MB per detik dan 750+ MB per detik secara berurutan.

Bagi pengguna yang kebagian mencicipi Trial Mode di ponsel Mi 10 Ultra ini, mereka harus klik bagian ‘Speed Installation’ di Game Center dan masukan mode Game Trial untuk memasang fitur RAMDISK ini.

Dari pengalaman yang sudah ada, saat pengguna memasang game Peace Elite hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik saja, atau 100 persen lebih cepat dari mode installation biasanya.

Jadi kurang lebih, teknologi RAMDISK Xiaomi ini digunakan untuk menyisihkan sebagian dari RAM ponsel sebagai ruang penyimpanan virtual. Keuntungan dari fitur ini adalah kecepatan RAM menjadi lebih cepat secara signifikan ketimbang teknologi ruang penyimpanan yang ada di ponsel.

Baca juga: Kamera Depan dan Belakang Mi 10T Pro Bisa Rekam Bersamaan

Meski terlihat canggih dan bikin segalanya jadi super ngebut, pengguna harus memperhatikan ketika baterai ponsel mulai habis atau si ponsel mengalami restart, game yang di-install melalui mode RAMDISK akan hilang mengingat game tersebut tersimpan di dalam RAM.

Hal ini kemudian diakali Xiaomi dengan menyediakan opsi untuk memindahkan game tersebut ke memori flash di ponsel.

Saat ini, ada sekitar 10 game populer yang mendukung fitur RAMDISK Xiaomi, di antaranya QQ Speed, Glory of the King, dan Peace Elite.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Alif lam lam ha 09 October 2020 | 11:19:07

Gunakan ikon edit untuk memasang pin, menambahkan, atau menghapus klip.

Yusep Channel 08 October 2020 | 23:27:10

Meski terlihat canggih dan bikin segalanya jadi super ngebut, pengguna harus memperhatikanĀ 

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article