icon-category Gadget

Xiaomi Kumpulkan Data Browser Pengguna di Server Singapura dan Rusia?

  • 03 May 2020 WIB
Bagikan :

Ilustrasi (Foto: Freestocks / Unsplash)

Uzone.id - Menurut peneliti keamanan yang bekerja dengan Forbes, media berpengaruh di Amerika Serikat, Xiaomi telah mengumpulkan data dari mesin penelusuran atau browser bawaan.

Data dikumpulkan lewat browser dalam meskipun dalam mode incognito atau bahkan ketika menggunakan web DuckDuckGo yang telah diprivasi.

Grabriel Cirlig, peneliti keamanan, menggunakan Redmi Note 8 sebagai driver harian dan memperhatikan bahwa perangkat merekam hampir semua yang ia lakukan di telepon dan mengirimkan data ke server di Rusia dan Singapura, meskipun host domain-nya di Beijing.

BACA JUGA: Ada Mi Note 10, 10 Pro dan Versi Lite, Apa Saja Bedanya?

Layar, situs web yang dikunjungi, folder dibuka, pengaturan diubah, musik diputar pada aplikasi default, dan lain-lain.

Data itu sendiri dienkripsi denagn buruk pakai format base64, sehingga mudah baginya untuk menyalin data ke dalam teks biasa, seperti dikutip dari GSM Arena.

Cirlig bahkan melangkah lebih jaduh dan mengunduh ROM untuk Xiaomi Mi 10, Redmi K20 dan Mi Mix 3 dan menemukan kerentanan keamanan yang sama.

Peneliti keamanan lain, Andrew Tierney, menemukan perilaku mencurigakan di Mi Browser Pro dan Mint Browser juga.

BACA JUGA: 7 Teknologi Dipakai Manusia saat Perang Lawan Corona

Xiaomi pun telah menanggapi tuduhan tersebut dengan mengatakan bahwa temuan Forbes itu menyesatkan dan tidak benar.

Seorang juru bicara perusahaan mengatakan, Xiaomi mematuhi semua undang-undang dan peraturan setempat tentang privasi data pengguna dan data penelusuran yang dikumpulkan telah dianonimkan.

Mengenai mengapa Xiaomi mengumpulkannya, itu karena perusahaan berusaha meningkatkan pengalaman menjelajah pengguna dan ini sudah jadi praktik yang standar.

Kemudian, data tidak bisa ditelusuri kembali ke pengguna tertentu. Namun, Gabriel Cirlig mengirim video ke Xiaomi yang menunjukkan bagaimana browser mengirim riwayatnya ke server tersebut bahkan dalam mode incognito.

VIDEO #THRUzone Edisi Meme Challenge, Pengumuman Pemenang Minggu Pertama!

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini