home ×
Digilife

Xiaomi Rilis Kembali MiTalk, Jadi Aplikasi Tiruan Clubhouse di China

30 November -0001 By
Xiaomi Rilis Kembali MiTalk, Jadi Aplikasi Tiruan Clubhouse di China
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Clubhouse, aplikasi penyedia layanan obrolan radio (radio chat), cukup tenar belakangan ini. Aplikasi ini juga sempat populer di China, namun kemudian aplikasi ini diblokir di Negara Tirai Bambu itu.

Menariknya, beberapa platform media sosial mulai ikut-ikutan mempersiapkan layanan serupa Clubhouse. Bahkan, Xiaomi dikabarkan juga turut melakukan hal itu.

Seperti dikutip Uzone.id dari Gizmo China, bagian kalian yang tidak menyadari, Xiaomi sebenarnya telah merilis aplikasi pesan instans bernama MiTalk pada November 2010. Aplikasi ini bahkan sudah ada sebelum WeChat lahir di China.

Sayangnya, platform perpesanan itu tidak pernah benar-benar berhasil. Karena itu, Xiaomi menutup operasi Mi Talks pada 19 Februari 2021. Namun yang mengejutkan banyak pihak, pada 26 Februari 2021, Xiaomi menghidupkan kembali aplikasi ini sebagai tiruan Clubhouse di China.

Baca juga: Clubhouse Belum End-to-End Encryption, Jangan Bicarakan Hal Rahasia

Berdasarkan situs resminya, MiTalk versi baru merupakan aplikasi voice chat untuk profesional. Deskripsi tersebut dengan jelas menyatakan bahwa itu adalah tiruan Clubhouse.

Saat ini, hanya karyawan Xiaomi di China yang dapat menggunakan aplikasi ini dengan nomor kontak terdaftar di perusahaan mereka serta kode invite. Kabarnya, aplikasi tersebut akan segera tersedia untuk masyarakat umum di China. Pengguna yang tertarik dengan aplikasi itu masih memerlukan invite code untuk bisa menggunakannya.

Karena Clubhouse sudah dilarang di China, MiTalk dikatakan bisa menjadi peluang bagi Xiaomi untuk memasuki pasar baru. Namun, perlu dicatat bahwa sudah ada beberapa pesaing Clubhouse lokal di China, seperti Dizhua, Tiya, dan Yalla.

VIDEO: Galaxy S21 Review, Ponsel Terbaik Tahun 2021

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article