icon-category Auto

Xpander Mini Jadi Mobil Listrik Murah, Bisa Laku di Indonesia?

  • 04 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Nissan-Mitsubishi berkolaborasi untuk memproduksi mobil listrik berdimensi kecil dengan harga murah. Dua mobil dipersiapkan, yakni Nissan Sakura dan Mitsubishi eK X EV yang punya tampang seperti Mitsubishi Xpander, tapi versi mini.

    Kalau saja kedua mobil ini dijual ke Indonesia, bakal jadi pesaing Wuling Air ev, lantaran punya dimensi dan kisaran harga yang juga mirip-mirip.

    Wuling terbukti efektif dalam menghadirkan mobil listrik dengan harga terjangkau dan termurah di Indonesia. Jika Nissan Sakura dan Mitsubishi eK X EV masuk ke Indonesia, bisa saja mobil ini banyak diminati masyarakat, seperti halnya Wuling Air ev yang jadi mobil listrik terlaris di tanah air.

    BACA JUGA: Wuling Air ev Libas Jualan Ioniq 5, Bukti Mobil Listrik Murah Laris

    Nah, seperti yang Uzone.id kutip dari Nikkei Asia, mobil listrik murah garapan Nissan-Mitsubishi tersebut akan dijual dengan kisaran harga Rp246 juta sampai Rp253 jutaan.

    Mobil ini, akan diproduksi dan dijual secara masif pada tahun depan atau 2023 mendatang. Produksinya juga akan ditingkatkan, mengingat peminatnya cukup banyak.

    Sejak membuka pemesanan pada Juni 2022 lalu, secara total kedua mobil ini sudah dipesan sebanyak kurang lebih 35 ribu unit.

    Kedua mobil listrik imut ini dikembangkan dengan mengadopsi teknologi Nissan Leaf yang sudah punya jam terbang tinggi dalam dunia permobil-listrikan.

    Baik Nissan Sakura dan Mitsubishi eK X EV mengandalkan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 47 kW dan torsi 195 Nm. Sekali mengisi baterai full, bisa diajak berjalan sejauh 180 km.

    BACA JUGA: Daftar Harga BBM Terbaru Pertamina, Shell, Vivo, BP

    Kendaraan dilengkapi dengan dua port pengisian, pengisian biasa (AC200V/14.5A) yang membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk mencapai pengisian penuh dan fast charging yang membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk menyelesaikan pengisian 80 persen.

    Beberapa fitur canggih pun sudah disematkan pada mobil ini. Seperti fitur Vehicle to Load (V2L) dan Vehicle to Home (V2H), alias jadi genset atau powerbank berjalan.

    VIDEO Test Drive Mercy C300 AMG 2022:

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini