home ×
Startup

Yahoo dan AOL Resmi Dijual Rp72,2 Triliun

04 May 2021 By
Yahoo dan AOL Resmi Dijual Rp72,2 Triliun
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Setelah lama memikirkan nasib mantan perusahaan raksasa internet di zamannya, Verizon akhirnya sepakat untuk menjual Yahoo dan AOL ke pemilik baru. Kedua perusahaan dijual dengan harga USD5 miliar atau setara Rp72,2 triliun ke perusahaan swasta bernama Apollo Global Management.

Penjualan ini tergolong supercepat karena gosip Verizon mau menjual Yahoo dan AOL baru berhembus pekan kemarin. Usai proses penjualan selesai dilaksanakan tahun ini, Yahoo dan AOL akan resmi disebut Yahoo saja.

Bisa dibilang Verizon sedikit merugi dengan nilai penjualan Yahoo ini. Pasalnya, Verizon membeli AOL pada 2015 seharga USD4,4 miliar, lalu pembelian Yahoo dilakukan pada 2017 seharga USD4,5 miliar. Upaya Verizon untuk bersaing dengan Google dan Facebook di pasar periklanan online tidak berhasil, yang menyebabkan serangkaian pemutusan hubungan kerja dan penurunan nilai perusahaan sekitar USD4,6 miliar.

Baca juga: 4 Fakta Merger Line dengan Yahoo Jepang

Verizon mencoba menaikkan value perusahaan dengan menyebut Yahoo dan AOL sebagai Verizon Media. Keduanya diklaim sebagai salah satu perusahaa media dan teknologi global utama di dunia.

"Verizon Media telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam mengubah bisnis selama dua setengah tahun terakhir dan potensi pertumbuhannya sangat besar. Perkembangan berikutnya membutuhkan investasi penuh dan sumber daya yang tepat. Selama proses peninjauan strategis, Apollo menyampaikan visi dan strategi terkuat untuk fase Verizon Media berikutnya. Saya memiliki keyakinan penuh bahwa Yahoo akan lepas landas di rumah barunya," kata CEO Verizon Hans Vestberg.

Penjualan ke Apollo akan memungkinkan Verizon Media untuk secara agresif mengejar area pertumbuhan dan bangkit untuk menguntungkan karyawan, pengiklan, mitra penerbitan, dan hampir 900 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

BACA JUGA: Cara Hapus Akun Spotify, Data Pribadi dan Daftar Putar

Apollo dikabarkan tidak memiliki banyak persaingan dengan pembeli potensial lainnya. Pelamar lain sebelumnya menunjukkan minat untuk membeli bagian tertentu saja yang ada di unit media tersebut. Beberapa di antaranya mencakup situs web seperti TechCrunch dan Yahoo Finance.

Verizon mengatakan pihaknya akan mempertahankan 10 persen saham di perusahaan. Verizon dijadwalkan untuk mendapatkan USD5 miliar dari Apollo dalam beberapa bentuk pembayaran. Yakni sebesar USD4,25 miliar dalam bentuk tunai dan bunga sebesar USD750 juta.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article