Home
/
Automotive

Yamaha Perkenalkan Teknologi AMT, Ganti Gigi Gak Pake Ribet!

Yamaha Perkenalkan Teknologi AMT, Ganti Gigi Gak Pake Ribet!

Perkenalan teknologi Yamaha AMT (Foto: Yamaha Europe)

Brian Priambudi26 June 2024
Bagikan :

Uzone.id - Belum lama memperkenalkan Yamaha Electric CVT (YECVT) pada Nmax Turbo, kali ini pabrikan garpu tala itu akan memperkenalkan Automated Manual Transmission (AMT) untuk sepeda motor. Sistem ini disebut-sebut bisa mengendalikan transmisi secara otomatis.

Teknologi ini diketahui lewat unggahan video Yamaha Motor Europe di platform Youtube. Dijelaskan teknologi itu diberi nama Yamaha AMT alias Y-AMT yang dapat membuat motor manual bisa mengoperasikan transmisi tanpa menarik tuas kopling dan persneling.

Pada teknologi Y-AMT, pengendara dapat memilih dua pilihan transmisi yakni AT atau MT. Jika dipindahkan ke AT, maka perpindahan gigi diserahkan ke sistem Y-AMT.

Sedangkan jika MT pengaturan posisi gigi bisa dilakukan secara manual lewat tombol plus dan minus yang ada di tuas kiri setang. Tombol plus bisa ditekan menggunakan telunjuk, sementara minus ditekan menggunakan jempol.

Preview

Namun jika ingin berkendara lebih praktis, maka pengendara dapat memilih sistem Y-AMT untuk berpikir mengganti gigi di putaran mesin yang sesuai.

Menariknya lagi, terdapat dua mode saat dipilih ke Y-AMT yakni D dan D+. Pada pilihan D pergantian gigi akan lebih halus, sementara D+ pergantian gigi dilakukan di putaran mesin yang lebih tinggi untuk memberikan rasa yang lebih sporty.

Sayangnya detail cara kerja Y-AMT ini belum dapat dijelaskan secara lebih rinci. Yang jelas, teknologi baru Yamaha ini memudahkan pengendara terutama penggemar motor sport yang masih harus mengoperasikan kopling dan tuas persneling.

Perlu diketahui, jika melihat cara kerja Y-AMT sebenarnya mirip dengan teknologi Dual Clutch Tranmission (DCT) yang dimiliki Honda. Motor-motor Honda yang memiliki teknologi ini juga dapat memilih untuk menggunakan mode manual ataupun otomatis.

Bahkan mode manualnya pun tidak menggunakan tuas perseneling dan tuas kopling. Melainkan menggunakan tombol plus dan minus seperti yang dijelaskan pada teknologi Y-AMT tadi.

Sayangnya teknologi DCT pada motor Honda baru hadir di model-model big bike saja seperti Gold Wing, Africa Twin, X-ADV 750, dan Rebel 1100 saja.

populerRelated Article