home ×
Digilife

YouTube Beri Peringatan Sebelum Content Creator Posting Video

23 March 2021 By
YouTube Beri Peringatan Sebelum Content Creator Posting Video
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - YouTube akan meluncurkan tool terbaru mereka agar mempermudah proses mengupload video bagi para penggunanya. Selain itu, tool ini juga diharapkan mempermudah para content creator untuk mencairkan pendapatan mereka dari iklan.

Tool ini diberi nama “Checks” yang dapat memberi tahu apakah konten mereka berisi materi bernilai hak cipta dan sesuai pedoman periklanan atau tidak. Fitur Checks akan memeriksa apakah konten ini berisi hak cipta yang dapat menyebabkan penghapusan atau juga menyebabkan pemilik hak cipta mengklaim pendapatan content creator yang mengunggahnya.

Baca juga: Tips Agar Tak Diikuti Google Terus Menerus

Tujuan YouTube dalam menghadirkan tool ini adalah untuk mengurangi jumlah ‘ikon kuning’ secara efektif yang menunjukkan bahwa pendapatan dari iklan ditahan karena masalah hak cipta atau masalah kebijakan iklan.

The Verge melaporkan jika sistem baru ini akan bergantung pada Content ID. Jika fitur Checks menemukan pelanggaran dalam video, maka kebijakan pemegang hak akan secara otomatis diterapkan dan mengakibatkan video diblokir atau pemegang hak cipta dapat mengambil pendapatan dari video tersebut.

Jika para konten kreator tidak tahu mengenai letak pelanggaran mereka, YouTube akan mengizinkan kreator untuk menyanggah pelanggaran tersebut sebelum mereka menerbitkannya. Proses ini memakan waktu yang cukup lama, maka dari itu sambil menunggu hasilnya, YouTube bisa saja memublikasikan video tersebut atau menunggu dulu hingga hasil keluar.

Baca juga: Twitter Uji Coba Nonton YouTube Langsung dari Twit

Jika ternyata kreator tidak menemukan adanya pelanggaran hak cipta, maka pendapatan yang diperoleh akan dikembalikan pada para pemilik konten tersebut. Dan jika dalam video mereka ada pelanggaran hak cipta, maka pendapatan akan diberikan pada pemegang hak sebagai gantinya.

Ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan YouTube untuk memastikan bahwa pembuat konten dapat memonetisasi videonya secara cepat dan seefektif mungkin. Ada pula upaya lain termasuk memberikan bimbingan pada para kreator mengenai perubahan pada metadata dan tagging dapat mempengaruhi pendapatan setelah publikasi.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article