icon-category Digilife

YouTube Tambahkan Fitur dan Desain Baru untuk Mobile

  • 27 Oct 2022 WIB
Bagikan :

Uzone.id – YouTube baru saja menambahkan beberapa fitur dan desain baru tampilannya untuk perangkat mobile. Perubahan yang diluncurkan sejak Senin (24/10) kemarin memberikan tampilan segar dengan tema terbaru yang membawa lebih banyak warna ke aplikasi.

Fitur terbaru yang ditonjolkan YouTube kali ini adalah pinch-to-zoom untuk video yang sedang ditonton. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperbesar layar video dan melihat lebih jelas detail isi videonya.

Bahkan, opsi fitur ini diklaim bisa membantu pengguna yang sering mengikuti kuis Easter Eggs dari video musik penyanyi tertentu, seperti di video terbaru milik Taylor Swift.

Baca juga: YouTube Utamanya Dihack, Ria Ricis Rugi Berapa?

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna tinggal mencubit layar ponsel dan saat dilepas, maka video masih akan tetap dalam mode diperbesar. Uji coba fitur ini sendiri sudah dilakukan YouTube sejak bulan Agustus untuk pengguna premium, tetapi sekarang akan mulai tersedia bagi semua orang.

Fitur terbaru lainnya yaitu pengguna bisa menelusuri video lain dengan swipe up di sebelah kanan layar video. Sedikit mirip Netflix, tampilan ini memudahkan pengguna untuk menghindari pemutaran ulang video secara otomatis.

YouTube juga memberikan sentuhan desain terbaru di bagian depan visual, ada mode ambient baru yang mengubah warna latar belakang aplikasi agar sesuai dengan video yang sedang ditonton.

Baca juga: YouTube Premium Family Plan Naik Harga!

Direktur UX YouTube, Nate Koechley dalam postingan blog menjelaskan tampilan ini hadir sebagai efek halus yang memanfaatkan pengambilan sampel warna dinamis. Tujuannya jelas untuk menarik perhatian pengguna untuk lebih fokus ke video atau konten yang sedang ditonton.

Terdapat juga mode Standby yang akan hadir di playlist video pengguna. Mode ini akan terlihat saat pengguna mengaktifkan dark mode di aplikasi YouTube. Kabarnya, warna gelap dalam mode ini akan terlihat pekat saat disetel di web, perangkat moible, dan smart TV.

Tampilan link tautan YouTube yang ada di deskripsi box mulai sekarang juga akan ditampilkan dalam bentuk tombol. Sama seperti tulisan ‘Subscribe’ juga di pembaruan kali ini akan terlihat dalam bentuk tombol pil, bukan lagi persegi panjang.

 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini