icon-category Digilife

Yuk Bisa Yuk Bikin Aktivitas Digital Makin Aman di 2023

  • 09 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Tech Daily/Unsplash

Uzone.id – Tahun baru masih hangat di ingatan, pastinya kalian sudah menyiapkan berbagai resolusi baru untuk satu tahun ke depan. 

Selain menyiapkan apa saja yang ingin kalian capai selama 2023 ini, beberapa hal berikut juga mestinya jadi perhatian khusus agar ruang digitalmu semakin aman di tahun ini.

Yang pertama, kata sandi baru di tahun baru.

Agak sepele memang, tapi mengubah kata sandi di semua akun kalian akan membuat ruang digitalmu semakin aman. Sebagai tambahan, kalian bisa mulai membuat kata sandi yang tepat, seperti kombinasi huruf kapital, angka dan tanda baca. 

Ingat, jangan menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun!

Agar tidak lupa, kalian bisa menggunakan pengelola kata sandi seperti ‘Password Manager’ dan lainnya. Dengan ini kalian bisa menggunakan isi password secara otomatis di browser dan platform untuk menghindari lupa kata sandi.

Kedua, langganan pemberitahuan soal kebocoran data.

Kebocoran data di berbagai platform kemungkinan akan terus terjadi tahun ini, maka dari itu kalian perlu melakukan habit baru yaitu berlangganan layanan yang memiliki kemampuan untuk memindai kebocoran data terkini dan apakah kebocoran ini berisi data kalian atau tidak.

Baca juga: Periskop 2023: Tren Teknologi yang Bakal Ramai di Tahun ‘Kelinci Air’

Salah satu fitur layanan pengelola sandi tingkat lanjut menyertakan fitur ini juga, jadi kalian bisa tahu apakah data kalian masuk dalam kebocoran data dan mengetahui  jika ada yang mencoba login ke akun kalian.

Ketiga, mulai pertimbangkan pakai VPN.

Menggunakan VPN ternyata bisa melindungi privasi saat bermain di ruang digital. VPN modern memiliki berbagai kelebihan, seperti mudah digunakan, belanja dengan aman, menonton layanan streaming dari mana saja di dunia, dan mengakses konten-konten lokal, memberikan kecepatan lalu lintas tinggi, dan menjaga kerahasiaan data pribadi.

Mengutip dari Kaspersky, Senin, (09/01/2023), VPN bisa menyembunyikan alamat IP kalian dari situs web dan juga pengiklan sehingga bisa melindungi privasi kalian termasuk dari iklan-iklan bertarget. 

Siapa sangka kalau iklan bertarget mampu mengungkap hadiah yang akan kalian berikan pada seseorang, maka dari itu perlu mempertimbangkan penggunaan VPN untuk menghindari pelacakan iklan.

Keempat, mulai simpan file penting di tempat aman.

Habit selanjutnya yang bisa kalian lakukan mulai tahun ini adalah menyimpan dokumen di aplikasi pengelola kata sandi.

Pengelola kata sandi modern mampu menjadi penyimpanan elektronik terenkripsi lengkap seperti pindaian, PDF, dan dokumen penting lainnya termasuk catatan medis dan alamat telepon, serta dokumentasi atau file apa pun yang terkait dengan pekerjaan dan bisnis.

Baca juga: Minggir, TikTok Tak Lagi Pegang Tahta Penguasa Internet

Layanan penyimpanan semacam itu diklaim dua kali lipat jauh lebih aman dibandingkan dengan lokasi penyimpanan tradisional, karena dienkripsi secara khusus, dan hanya dapat didekripsi dengan bantuan satu kata sandi utama.

Terakhir, mulai PDKT dengan aktivitas digital anak.

Bagi orangtua yang memiliki anak yang sudah memegang perangkat digital, alangkah baiknya untuk mengajarkan dan berbagi aturan keamanan online semenjak kecil.

Mengetahui minat online anak-anak juga menjadi salah satu habit yang bisa dilakukan mulai tahun ini untuk mempelajari beberapa praktik aman agar tetap aman saat online.

Software keamanan anak juga bisa dipasang di gawai orang tua dan anak-anak untuk memantau aktivitas anak-anak di ruang digital.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini