icon-category Digilife

Berapa Jumlah Penduduk Dunia yang Sudah Melek Internet?

  • 22 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Jadon Kelly/Unsplash

    Uzone.id - Populasi penduduk dunia kini menyentuh angka 7,93 miliar dan dari fakta yang ditemukan lebih dari setengahnya sudah melek akan internet.

    Laporan terbaru dari We Are Social untuk April 2022 mengungkapkan kalau pengguna internet dari seluruh dunia mencapai 5 miliar pengguna. Ini menunjukkan, hampir 63 persen dari penduduk dunia sudah online.

    Sedangkan, untuk pengguna perangkat smartphone, We Are Social mencatat angka lebih tinggi. Sekitar 67 persen atau 5,32 miliar penduduk dunia telah menggunakan ponsel dimana 4 dari 5 penggunanya menggunakan smartphone.

    Pencapaian 5 miliar pengguna internet ini bermula dari 50 tahun lalu dimana transmisi data pertama via jaringan mirip internet bermula di tahun 1969. Satu tahun selanjutnya ada email yang hadir di tahun 70an.

    Namun, butuh waktu hingga 20 tahun kemudian dimana internet benar-benar mencapai momentum mereka, yaitu pada saat Tim Berners-Lee mengembangkan world wide web atau WWW.

    Baca juga: Google Doodle Sajikan Kengerian Dampak Perubahan Iklim ke Bumi

    Mulanya, di tahun 1991 hanya ada 4 juta orang di dunia yang menggunakan internet. Tapi, di tahun-tahun selanjutnya perkembangan tersebut semakin meningkat pesat. Hingga akhirnya di tahun 2005, pengguna internet pertama kali menyentuh angka 1 miliar (2005)

    Setelahnya, butuh 6 tahun untuk menyentuh angka 2 miliar pengguna (2011), lalu 5 tahun untuk mencapai 3 miliar pengguna (2015) dan sekitar 3 tahun mencapai 4 miliar pengguna internet di seluruh dunia (2018).

    Hingga akhirnya, di awal tahun 2022 ini pengguna internet dunia sudah mencapai 5 miliar, lebih dari setengah populasi penduduk bumi. 

    Tapi, terlepas dari pencapaian ini, ada sekitar 2,9 miliar warga Bumi yang tidak menggunakan internet, dan Asia Selatan jadi ‘rumah’ paling besar bagi orang-orang yang tidak menyentuh internet.

    Sekitar 53 persen populasi atau 744 juta warga India masih tak tersentuh internet, begitupun warga Pakistan yang hampir 63,7 persennya belum memiliki akses internet. Kemudian ada Bangladesh yang hampir 67,9 persen warganya masih offline.

    Lalu dimana posisi Indonesia? Indonesia masuk ke 10 besar tepatnya posisi ke 8 negara dengan populasi penduduk yang belum terhubung ke internet.

    Baca juga: Waduh, 70an Juta Orang Indonesia Masih Belum Tersentuh Internet

    Dari data We Are Social, sekitar 64,5 juta penduduk Indonesia masih tak tersentuh akses internet dengan presentasi 23,3 persen dari total populasi penduduknya.

    5 miliar pengguna internet dunia ini rata-rata menghabiskan waktu sekitar 6 jam 53 menit untuk online setiap harinya, turun 4 menit dari laporan awal tahun 2022.

    Total gabungan waktu yang dihabiskan 5 miliar pengguna dunia untuk online adalah 2 triliun menit per hari, berapa jam kira-kira? Yap sekitar 33,3 miliar jam lebih per hari.

    Sebagai tambahan, pengguna internet sendiri biasanya menghabiskan lebih dari 40 persen waktu di kehidupan nyata mereka untuk online. 

    Bahkan fun fact-nya, miliaran orang kini menghabiskan lebih banyak waktu untuk main gadget yang terhubung dibandingkan waktu mereka di tempat kerja.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini