icon-category Gadget

Bye Bye iPhone Murah!

Ilustrasi iPhone SE 4 Foto: David Grandmougin/Unsplash)

Uzone.id - Prediksi lahirnya iPhone murah generasi terbaru bernama iPhone SE 4 salah 100 persen. Smartphone yang digadang-gadang bakal mirip iPhone XR itu tak akan pernah diluncurkan, setidaknya menurut analis terkenal yang jarang meleset tebakannya, Ming-Chi Kuo.

iPhone SE 4 rumornya akan rilis tahun ini, namun kemudian diundur menjadi tahun 2024. Tapi menurut Kuo, Apple sepenuhnya membatalkan rencana produksi dan pengiriman iPhone SE 4. 

Menurutnya, Apple telah menginstruksikan pemasoknya bahwa rencana produksi dan pengiriman iPhone SE 4 pada 2024 telah dibatalkan.

Dalam pandangan Kuo, saat ini Apple tidak melihat keuntungan jangka pendek dalam memperkuat dan memperluas portofolio iPhone kelas menengah yang murah. Perusahaan asal Cupertino itu melihatnya dari penjualan yang tak memuaskan dari iPhone SE 3, iPhone 12 Mini, 13 Mini, dan bahkan iPhone 14 Plus.

Baca juga: Upgradenya Banyak, iPhone 15 Lebih Worth it Buat Dibeli?

Batalnya peluncuran iPhone SE 4 pada 2024 mendatang melahirkan dua anggapan. Pertama, iPhone SE generasi keempat mungkin saja diluncurkan pada tahun 2025 atau bahkan 2026. Atau kedua, kemungkinan paling pahitnya, iPhone SE yang jadi model murah dari Apple benar-benar dihentikan selamanya.

Lagian, memang butuh banyak pertimbangan buat Apple untuk meluncurkan iPhone SE 4. Apalagi, dengan desain yang benar-benar baru, otomatis ongkos produksi pun akan meningkat gegara desain layar penuh ala iPhone XR. 

iPhone SE 4 jadi ‘bahan percobaan’

iPhone SE 4 sebenarnya bakal menjadi perangkat ‘kelinci percobaan’ bagi Apple untuk mencoba chip 5G internal pertamanya. Apple ingin mengurangi ketergantungannya terhadap perusahaan pihak ketiga, termasuk Qualcomm yang masih menjadi pemasok chip 5G hingga tahun 2024, termasuk untuk iPhone 16 Series.

Setidaknya, kalau ‘uji coba’ ini gagal, Apple melakukannya pada smartphone termurah yang dijualnya. Namun jika berhasil, maka Apple akan menerapkannya pada iPhone 16 yang juga meluncur di tahun yang sama. 

Akan tetapi, batalnya peluncuran iPhone SE 4 langsung menimbulkan kekhawatiran tentang kinerja chip baseband buatan Apple dibanding chip besutan Qualcomm.

Baca juga: Harga iPhone 15 Plus Bakal Lebih Murah, Speknya Juga Upgrade

"Karena kekhawatiran kinerja chip baseband in-house mungkin tak sebanding dengan Qualcomm, Apple awalnya berencana untuk meluncurkan chip baseband-nya pada tahun 2024 dan iPhone SE 4 kelas bawah mengadopsinya terlebih dahulu," terang Kuo, seperti dikutip dari Medium.

Pembatalan inipun langsung meningkatkan peluang Qualcomm sebagai pemasok utama chip baseband Apple, terutama untuk iPhone 16 Series.

“Namun pembatalan iPhone SE 4 telah secara signifikan meningkatkan peluang Qualcomm untuk menjadi pemasok eksklusif chip baseband untuk seri iPhone 16,” pungkas Kuo.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini