icon-category Digilife

Lima Tips Aman Saat Pakai Jaringan Wifi Publik

  • 20 Aug 2021 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Kebutuhan untuk mengakses informasi dimana saja dan kapan saja membuat kita harus tetap terhubung ke Internet. Saat ini, sepertinya hampir semua orang akan senang apabila menemukan hotspot gratis di tempat mereka berada, kita akan berpikir kapan lagi bisa akses internet tanpa harus pakai kuota pribadi.

    Sayangnya, hotspot dari tempat publik juga memiliki risiko kejahatan yang besar. Wi-Fi publik memungkinkan para pelaku siber melakukan pencurian data penting dari ponsel orang terhubung.

    Mereka akan melihat banyak informasi yang diakses saat menggunakan Wifi publik, dan akan sangat bahaya jika pelaku kejahatan siber mendapatkan data finansial, kredensial login, dokumen, obrolan pribadi, dan lainnya.

    Baca juga: Kemkominfo Bagikan Lima Modus Penipuan Online dan Cara Melindungi Data Pribadi

    Pelaku akan melakukan pemerasan pada tabungan maupun membajak akun pribadi kalian. Bahkan mereka akan memasukkan malware untuk menjangkit perangkat korbannya.

    Untuk itu, Kaspersky berbagi beberapa langkah sederhana agar aman ketika berada di jaringan publik.

    Berhati-hati dengan Wi-Fi publik

    Ketika menggunakan jaringan Wi-Fi di area publik baik itu menggunakan sandi atau tidak, alangkah baiknya untuk berhati-hati dan tidak mengakses informasi yang bersifat penting dan pribadi. Kalian bisa menggunakan Wi-Fi publik untuk membaca berita dan hindari untuk masuk ke layanan apa pun atau akun kalian berpotensi disusupi oleh pelaku kejahatan siber.

    13127078-3x2-xlarge

    Periksa nama hotspot

    Para pelaku kejahatan sering bertingkah cerdik. Mereka akan menggunakan nama yang mirip dengan jaringan publik yang disediakan untuk mengelabui korbannya. Alih-alih menggunakan jaringan yang disediakan oleh tempat dimana pengguna berada, mereka justru masuk ke perangkap penjahat karena nama hotspot yang sama.

    Baca juga: Deretan Kasus Kebocoran Data di Indonesia yang Bikin Geger

    Maka dari itu, pengguna harus lebih cermat memeriksa nama jaringan publik yang ingin mereka pakai.

    Nonaktifkan koneksi otomatis ke Wi-Fi

    Koneksi otomatis ke Wi-Fi akan membuka kesempatan bagi para pelaku kejahatan siber untuk menyebarkan malware atau melakukan pencurian kata sandi. Maka dari itu, selalu periksa koneksi otomatis Wi-Fi di ponsel kalian dengan cara mematikan sambungan Wi-Fi saat tidak digunakan, atau ‘Lupakan’ jaringan publik setelah digunakan.

    Hindari penggunaan Wi-Fi saat mengakses layanan penting dan privat

    Usahakan untuk selalu menggunakan data seluler pribadi, jaringan rumah atau jaringan perusahaan yang aman ketika mengakses akun bank, paspor, atau detail sensitif lainnya.

    Pakai keamanan untuk lindungi saluran komunikasi

    Cara aman untuk menjaga perangkat Anda tetap aman saat menggunakan Wi-Fi publik adalah dengan melengkapinya dengan perlindungan yang andal. Dengan aplikasi keamanan, privasi akan terlindung dengan cara mengenkripsi data sebelum mengirimnya ke router, menjaganya tetap tersembunyi, bahkan Wi-Fi publik pun aman.

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini