home ×
Digilife

Peretas Targetkan Ponsel Pintar Korban untuk Masuk ke Jaringan Perusahaan

04 June 2020 By
Peretas Targetkan Ponsel Pintar Korban untuk Masuk ke Jaringan Perusahaan
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Uzone.id - Jumlah serangan phising yang menargetkan ponsel pintar korban sebagai pintu masuk ke jaringan perusahaan telah bertambah. Mengutip ZDNet, angka serangan tersebut meningkat lebih dari sepertiga hanya dalam beberapa bulan.

Mengacu pada analisis perusahaan cybersecurity Lookout, ada peningkatan serangan phising ke ponsel sebanyak 37 persen di seluruh dunia. Data tersebut mengacu pada periode antara tiga bulan terakhir pada 2019 dan beberapa bulan pertama pada 2020.

Baca juga: Cara Hapus Status Lama di Facebook, Bisa Sekaligus

Email phising memang telah lama menjadi masalah bagi pengguna desktop dan laptop. Namun meningkatnya penggunaan ponsel pintar—terutama karena semakin banyak orang yang bekerja dari jarak jauh—telah menciptakan serangan siber tambahan yang menargetkan perangkat Android dan iOS.

Serangan siber yang menargetkan email pada desktop meninggalkan tanda-tanda yang tidak beres, seperti tautan dan lampiran, atau alamat email yang mungkin tampak mencurigakan. Namun, serangan siber yang menyerang email pada ponsel pintar, media sosial, dan aplikasi pengiriman pesan lebih sulit dikenali, karena dirancang untuk layar yang lebih kecil.

Baca juga: Blackout Tuesday Didukung Spotify, Apple Music, YouTube, dan Amazon

"Sulit menemukan tanda-tanda—yang biasanya kita deteksi di laptop—ada pada layar ponsel sekecil itu," ujar senior manager of security solutions di Lookout, Hank Schless kepada ZDNet.

Dalam banyak kasus, peretas dapat merancang halaman login palsu yang terlihat hampir persis seperti organisasi yang mereka targetkan. Jika korban memasukkan nama pengguna dan kata sandi ke halaman phishing, mereka memberikan kesempatan kepada peretas untuk mendapatkan akses ke jaringan perusahaan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Nur Budi Setiyanta 20 June 2020 | 20:28:16

ini tantangan bagi para ahli IT

Saepul Arif 07 June 2020 | 13:52:51

waw sangat cedik sekali bisa membajak jaringan

Brima Pamungkas 04 June 2020 | 11:12:40

wih mantapp bener dah pokonya😋

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id