home ×
Digilife

1 Tahun LinkAja Catat 50 Juta Pengguna di Indonesia

30 June 2020 By
1 Tahun LinkAja Catat 50 Juta Pengguna di Indonesia
Share
Share
Share
Share

(Foto: dok. LinkAja)

Uzone.id -- Tak terasa kehadiran LinkAja sudah genap berusia satu tahun. Aplikasi pembayaran digital ini telah menorehkan beberapa pencapaian selama setahun, terutama dari segi pengguna dan perannya untuk UMKM lokal.

Dari pernyataan LinkAja yang diterima Uzone.id pada Selasa (30/6), perusahaan mencatat sejak diluncurkan pada 2019 sampai Juni 2020, LinkAja telah memiliki 120 fitur dan digunakan oleh 50 juta pengguna yang tersebar di lebih dari 90 persen wilayah seluruh Indonesia.

Dari data perusahaan, sebesar 83 persen pengguna LinkAja tersebar di luar Jakarta, sementara 40 persen pengguna di antaranya berada di luar pulau Jawa.

“Saya sangat bersyukur dan bangga telah menjadi bagian dari perjalanan dan pencapaian LinkAja di tahun pertama ini. Seluruh kinerja dan kontribusi kami tidak lepas dari dukungan penuh para pihak penting,” ungkap Direktur Utama LinkAja, Haryati Lawidjaja dalam keterangan resminya.

Dia melanjutkan, “masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan demi mencapai visi dan misi kami namun kami berharap awal kecil ini dapat menjadi langkah besar dalam membawa perubahan berarti, memberikan kesetaraan akses layanan keuangan digital untuk seluruh lapisan masyarakat.”

Baca juga: Belanja Online Sayuran Pasar Pakai LinkAja, Ini Tutorialnya

Selama setahun berdiri, LinkAja fokus menyediakan kemudahan akses layanan keuangan digital dan memberdayakan UMKM dengan melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah melalui digitalisasi pasar tradisional dan layanan retribusi.

Tercatat ada 466 pasar tradisional di Indonesia yang telah menuju digitalisasi menggunakan LinkAja per Juni 2020, sekitar 234 ribu penjual lokal, serta menyediakan lebih dari 1 juta akses uang tunai kepada masyarakat, baik berupa bank channel, ritel modern, ataupun layanan fintech.

“Kementerian BUMN mendukung pengembangan LinkAja di usia satu tahun ini sebagai salah satu inisiatif layanan keuangan dengan tujuan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan. Keberadaan LinkAja sebagai dompet digital terkemuka di Indonesia akan melengkapi ekosistem industri keuangan dalam menjangkau dan mengedukasi masyarakat, terutama mereka yang belum tersentuh layanan perbankan,” kata Wakil Menteri II BUMN, Kartika Wirjoatmodjo.

Untuk merayakan hari jadi satu tahun, LinkAja menghadirkan beragam promo dalam Festival 1 Tahun LinkAja berupa cashback sampai 50 persen.

Baca juga: Ini Cara Ganti Ganti Akun LinkAja Reguler ke Versi Syariah

Diketahui, selama ini LinkAja menyuguhkan akses pembayaran yang mencakup tagihan air PDAM, listrik, TV kabel, pulsa, voucher game, serta bekerja sama dengan 11.376 merchant nasional dan 1.569 e-commerce lokal seperti Bukalapak, Tokopedia, Alfacart, dan KlikIndomaret.

Tak cuma itu, LinkAja juga bekerja sama menjadi mitra pembayaran bagi 104 moda transportasi seperti layanan pembayaran di PT Kereta Api Indonesia, PT Kereta Commuter Indonesia, Garuda Indonesia, Citilink hingga opsi pembayaran untuk transportasi online, transportasi lokal daerah seperti Trans Semarang hingga pembayaran taksi dan bus.

LinkAja juga dapat digunakan di lebih dari 3000 SPBU Pertamina di seluruh Indonesia. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi, LinkAja juga bekerja sama dengan 22 lembaga asuransi serta menjadi mitra pembayaran untuk BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 30 June 2020 | 18:42:13

banyak yang gunain tapi liat dirating kok begitu

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article