icon-category Health

10 Kebiasaan yang Bikin Berat Badan Turun

  • 31 Aug 2018 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Kamu ingin menurunkan berat badan untuk mendapatkan tubuh ideal? Jika ya, maka usaha apa saja yang sudah kamu lakukan? Kamu mungkin sudah mengisi kulkas dengan sayur dan buah, serta mengunduh aplikasi olahraga favorit.

    Namun, apakah kamu sudah melakukan itu semua secara terus-menerus, sampai menjadi kebiasaan?

    Bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka kamu memang harus membiasakan diri. Mengutip Women’s Health, Dr Gina Cleo, peneliti di Bond University, Australia, merekomendasikan 10 kebiasaan yang harus diterapkan untuk menurunkan berat badan:

    Baca: Masturbasi Bikin Disfungsi Ereksi, Mitos atau Fakta?

    Menetapkan rutinitas makan

    Kamu perlu makan dengan konsisten. Maksudnya, konsisten dalam hal porsi sampai waktu makan—entah itu makan dua kali sehari atau lima kali sehari.

    Mengurangi asupan lemak

    Kamu perlu menghindari makanan cepat saji dan daging yang banyak mengandung lemak. Sering-seringlah menikmati lemak sehat dari kacang, alpukat, dan ikan.

    (Unsplash)

    Berjalan

    Cobalah berjalan 10.000 langkah sehari. Kamu mungkin bisa naik tangga di kantor, halte, atau stasiun.

    Memakan camilan sehat

    Jika ingin mengonsumsi camilan, kamu bisa memilih yang sehat, seperti buah atau kacang.

    Baca: 5 Sayuran yang Malah Bikin Berat Badan Naik

    Membaca tabel gizi pada kemasan

    Sebelum memberi makanan atau minuman kemasan, kamu perlu membaca labelnya terlebih dahulu. Ini penting, supaya kamu bisa mengetahui kadar kalori, lemak, dan gula pada suatu makanan atau minuman kemasan.

    Kalau suatu produk mengandung kalori yang tinggi, kamu bisa mencari produk lain dengan kalori lebih rendah.

    Memperhatikan porsi makan

    Jangan memenuhi piring, kecuali dengan sayur. Di samping itu, kamu juga perlu berpikir dua kali bila ingin menambah porsi makan.

    (Unsplash)

    Baca: 5 Kiat Lindungi Diri dari Penyakit Selama di Pesawat

    Berdiri

    Bila sedang bekerja atau berada di rumah, cobalah untuk berdiri selama sepuluh menit setiap jam.

    Cermat memilih minuman

    Alkohol, jus, serta minuman bersoda dan berenergi bisa mengandung gula dan kalori yang tinggi. Jadi, kamu sebaiknya tidak minum lebih dari satu gelas kecil sehari.

    Fokus saat makan

    Makan dengan perlahan adalah cara efektif untuk makan dengan porsi lebih sedikit. Sebaliknya, makan sambil melakukan aktivitas lain, seperti menonton televisi, dapat membuat kamu makan lebih banyak.

    Makan sayur dan buah

    Jangan lupa mengonsumsi buah dan sayur setiap kali sesi makan.

     

     

     

     

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini