icon-category Gadget

Asus Zenfone 9, Smartphone Snapdragon 8+ Gen 1 Termurah di Indonesia

Asus Zenfone 9 (Foto: Meyka/Uzone.id)

Uzone.id - Penantian panjang para ZenFans di Indonesia akhirnya terbayar juga. Smartphone yang mereka nantikan sejak Juli yang lalu, Asus Zenfone 9 resmi diluncurkan di Indonesia.

Smartphone mungil dengan tenaga 'raksasa', kata yang pas buat ponsel high-end besutan Asus ini. Spesifikasi utamanya setara dengan Asus ROG Phone 6, tapi form factor Zenfone 9 layak membuatnya jadi idaman.

Smartphone ini hadir dengan layar 5,9 inci saja, ukuran layar yang amat jarang di pasar smartphone Android sekarang, apalagi untuk flagship.

Rata-rata ponsel Android sekarang mengusung layar berukuran 6,1 inci ke atas, dan kebanyakan malah 6,4 inci ke atas. 

Layarnya sendiri berjenis Super AMOLED beresolusi Full HD+ dengan refresh rate 120Hz yang tidak adaptif sera dukungan HDR10+. Layarnya juga terbilang tangguh berkat lapisan kaca Gorilla Glass Victus.

Asus Zenfone 9 hanya berbobot 169 gram saja, salah satu yang teringan buat sekarang. Ada empat warna yang diperkenalkan, Midnight Black, Sunset Red, Moonlight Silver dan Starry Blue, yang melapisi bodi belakang berbahan dasar polikarbonat yang ringan.

Baca juga: 10 Laptop Murah Buat Mahasiswa, Ngerjain Tugas Lancar, Nge-game Mulus

Ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1

Asus Zenfone 9 jadi smartphone keempat yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 di Indonesia, setelah Samsung Galaxy Z Fold4, Z Flip4 dan Asus ROG Phone 6 Series.

Gak perlu ditanyakan bagaimana performanya, karena prosesor ini jadi salah satu yang terkencang sampai sekarang. Apalagi dipadukan dengan RAM sampai 16 GB, penyimpanan internal 256 GB dan berjalan di Zen UI generasi terbaru berbasis Android 12.

Performanya yang tinggi dikombinasikan dengan UI ala Android Stock dan tanpa bloatware memang sangat pas. Hal ini memberikan pengalaman yang mulus sepanjang pemakaian, baik standar maupun ekstrem seperti main game.

Baca juga: Review Performa Asus Zenfone 9: Si Mungil Tenaganya Luar Biasa

Walau kecil, power-nya besar juga. Baterai yang disematkan di dalamnya berkapasitas 4.300 mAh yang didukung oleh fast charging 30W. 

Kamera dengan Gimbal OIS

Memang smartphone ini cuma punya dua kamera belakang dan satu kamera depan saja, sederhana buat sebuah ponsel flagship.

Tapi konfigurasinya powerfull juga lho. Kamera utamanya menggunakan sensor 50 MP Sony IMX766 yang didukung oleh Gimbal OIS (optical image stabilization). 

Kemudian ada kamera ultrawide 12 MP berfitur autofocus, dan kamera depan 12 MP juga dengan PDAF atau phase detection autofocus.

Fitur lainnya, smartphone ini sudah mengantongi sertifikat IP68 tahan air dan debu, speaker stereo, dan jack audio 3,5mm di bagian atasnya.

Baca juga: Perbandingan Kamera 200 MP, 108 MP, 50 MP & 48 MP, Lebih Bagus Mana?

Harga dan ketersediaan

 

Asus Zenfone 9 hadir dengan tiga varian kapasitas RAM dan penyimpanan, serta empat varian warna. Asus Zenfone 9 model 6/128 GB dibanderol Rp7,9 jutaan, sekaligus menjadi ponsel dengan Snapdragon 8+ Gen 1 paling murah di Indonesia.

Ada juga tipe 8/256 GB yang dijual Rp9,9 jutaan dan varian tertinggi 16/256 GB dipasarkan Rp11,9 jutaan.

Untuk varian 6/128 GB dan 16/256 GB, sudah tersedia di Indonesia melalui jaringan Asus Exclusive Store, Asus Online Store, Erafone, dan official store Asus Indonesia di Tokopedia. Sedangkan model menengah 8/256 GB bisa dibeli pada akhir Desember mendatang.

Asus menyediakan ragam promosi spesial bagi pelanggan mulai 17-30 November mendatang berupa cashback mulai Rp300 ribu untuk pembelian Asus Zenfone 9 varian 6/128 GB.

Tambahan cashback dari bank tertentu senilai Rp350 ribu dan trade-in promo yang hanya tersedia di Erafone. Lalu, tambahan cashback lainnya dari bank atau Gopay Coins maupun melalui trade-in mulai dari Rp350 ribu yang hanya tersedia di Tokopedia.

Sementara untuk versi 16/256 GB, Asus memberikan pro berupa cashback Rp500 ribu dan gratis tas Smart Backpack Mount Casing senilai Rp1 juta.

Terdapat tambahan cashback dari bank tertentu senilai Rp500 ribu dan promo trade-in yang cuma tersedia di Erafone. Sama halnya, Asus memberikan cashback yang cuma ada di Tokopedia senilai Rp500 ribu.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini