home ×
Auto

16 Tahun Daihatsu Xenia, Tetap Eksis Dibawah Bayang-bayang Avanza

27 May 2020 By
16 Tahun Daihatsu Xenia, Tetap Eksis Dibawah Bayang-bayang Avanza
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - "Kami bersyukur, walaupun sudah 16 tahun, sejak pertama kali diluncurkan pada 2004 (di segment MPV Low) Daihatsu Xenia masih tetap dipercaya dan menjadi yang terlaris ketiga dipilih oleh masyarakat Indonesia,” ujar Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra.

Bicara soal Xenia, sepertinya bakal selalu dibarengi dengan Avanza. Dua mobil fenomenal yang usianya sudah 'puber' di kancah industri otomotif nasional.

16 tahun sudah Xenia berkiprah di Tanah Air sejak kemunculan pertamanya pada 2004 lalu. Selalu dibawah bayang-bayang kebesaran Avanza, toh Xenia tetp bisa eksis dan bertahan bahkan sampai sekarang--saat krisis pandemi melanda Indonesia.

BACA JUGA: Logo dan MPV Baru Wuling, Bakal Hadir di Indonesia?

Barangkali gak ada yang menyangka, sepanjang empat bulan pertama tahun 2020 Low MPV andalan Daihatsu ini menjadi mobil terlaris ketiga di segmen yang paling besar dan paling keras persaingannya.

Sejak perdana meluncur tahun 2004 silam, Daihatsu Xenia telah terjual lebih dari 670 ribu unit. Angka yang tidak sedikit dan tidak banyak bisa disamai model mobil lain di Indonesia.

Dan lebih dari 5 ribu unit Daihatsu Xenia telah terjual dari Januari-April 2020 dengan pangsa pasar 10,1 persen. Pencapaian tersebut terjadi disaat performa penjualan mobil nasional anjlok hingga 90 persen!

Saat kemunculannya dulu, gak ada yang menduga kalau duet maut ini seolah jadi pembuka jalan untuk membesarkan industri otomotif nasional, baik secara penjualan dan gak lupa manufakturing yang berkenbang sejak keduanya diproduksi lokal.

Meski nama Avanza selalu diatas, namun peran Xenia bersama-sama dengan Avanza yang pada akhirnya membuka jalan segmen low MPV menjadi tulang punggung industri otomotif nasional.

Dan berangkat dari dua mobil itu, kini sudah ada sekitar tujuh merek kendaraan yang bersaing di segmen mobil kegemaran orang Indonesia ini; low MPV.

Selama mengarungi pertempuran di segmen low MPV, Daihatsu Xenia sudah mengalami perubahan model total sebanyak dua generasi, dengan ubahan terbaru dilakukan pada 2019 lalu.

Melalui Grand New Xenia yang hadir dengan desain dan fitur yang lebih stylish, performa dan kenyamanan yang lebih baik, serta hadir dengan total 10 varian.

Dan kabar terbarunya--sayangnya belum terkonfirmasi, Daihatsu sedang menyiapkan sang penerus dari Avanza-Xenia. Entah, ini kabar baik atau buruk, yang jelas duet maut low MPV Daihatsu dan Toyota ini akan terus berevolusi..

VIDEO Seting Audio Standar Pabrik Honda Brio Satya:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article