icon-category Digilife

Sebelum NGL Link, Layanan Kirim Pesan Anonim Ini Eksis Duluan

  • 27 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: freestocks @freestocks/Unsplash

    Uzone.id - Warga Instagram sedang ramai menggunakan aplikasi kirim pesan dan pertanyaan secara anonim menggunakan aplikasi NGL: Anonymous q&a. Tren ini dibagikan lewat fitur Instagram Stories dengan cara memasukkan NGL Link yang sudah mereka buat.

    Kirim pesan atau pertanyaan secara anonim sudah sering dilakukan, bahkan semenjak tahun 2013 lalu. Di Twitter, ada beberapa aplikasi dan situs yang sering digunakan untuk mengirim pesan, pendapat atau pertanyaan tanpa tahu siapa pengirimnya.

    Nah, selain aplikasi NGL: Anonymous q&a, ada beberapa aplikasi dan situs kirim pesan secara anonim yang bisa kalian gunakan, berikut diantaranya.

    ASKfm

    Warganet jaman old mungkin sudah gak asing lagi dengan aplikasi atau situs Ask.fm. Ya, aplikasi yang booming di tahun 2013-an ini menyuguhkan sebuah platform tanya jawab bagi para penggunanya.

    Aplikasi ASKfm di Google Play Store (Dok.Uzone.id)

    Sebagai pengguna, kalian bisa menjawab maupun bertanya ke pengguna lain. Tak hanya bertanya, pengguna juga bisa memposting foto sesuai dengan permintaan pengguna lain.

    Baca juga: Lagi Hits! Ini Cara Pakai NGL Link di Instagram buat Kirim Pesan Anonim

    Kalian bisa mengajukan pertanyaan di kolom yang sudah disediakan dengan panjang maksimal 300 karakter saja. Pengguna juga bisa menyembunyikan nama mereka ketika bertanya.

    Aplikasi ini sangat booming pada masanya, sampai sekarang pun aplikasi ini masih banyak yang mengunduh, di Play Store sendiri, aplikasi ASKfm: Ask & Chat Anonymously sudah diunduh 50 juta kali.

    CuriousCat

    Aplikasi CuriousCat di Google Play Store (Dok.Uzone.id)

    Selanjutnya, ada aplikasi CuriousCat yang jadi andalan warga Twitter khususnya para penulis fanfiction untuk menerima saran, pesan dan masukan secara anonim. Aplikasi dengan ikon hewan kucing berwarna orange ini sama seperti aplikasi NGL yang menampung pertanyaan, kritik, saran dan pesan secara anonim melalui link yang dibagikan oleh pengguna.

    Baca juga:  Sekarang Bisa Audisi Stand Up Comedy di Instagram, Caranya?

    Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi Curious Cat yang digunakan untuk mengisi survey. Dalam keterangannya, aplikasi CuriousCat - Anonymous Q&A bisa digunakan untuk bertanya apapun tanpa harus merasa malu ataupun segan. Namun sayangnya, CC atau Curious Cat (maupun link anonim lainnya) sering disalahgunakan untuk menebarkan kebencian secara anonim.

    Secreto

    Berbeda dengan Curious Cat, ASKfm, dan NGL yang bisa lewat aplikasi untuk menggunakannya, Secreto ini bisa langsung diakses lewat website dan langsung membuat link untuk dibagikan ke pengguna di Twitter, WhatsApp, Bio Instagram, dan media sosial lainnya.

    Caranya sangat mudah, pengguna tinggal masuk ke website Secreto Site, lalu pilih negara asal kalian dan masukkan nama atau username yang ingin kalian gunakan. 

    Selanjutnya, Secreto akan memberikan link yang bisa kalian salin atau bagikan ke aplikasi lainnya. Link ini bakal jadi tempat orang lain menyampaikan pesan mereka, begitupun tempat kalian untuk membaca pesan-pesan yang masuk.

    Nah, itu tadi 3 aplikasi dan website berkirim pesan dan pertanyaan secara anonim yang banyak digunakan di media sosial. Mungkin dengan ini kalian bisa mengirim pesan apapun kepada orang lain tanpa takut ketahuan, namun perlu ditekankan kalau mengirim pesan bersifat negatif dan berisi ujaran kebencian tetap tidak diperbolehkan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini