icon-category Travel

4 Benda di Kamar Hotel yang Jadi Sarang Kuman

  • 08 Nov 2018 WIB
Bagikan :

(Ilustrasi/Unsplash)

Uzone.id - Saat memesan sebuah kamar hotel, kamu harus memahami bahwa kamar tersebut sudah menjadi tempat tinggal bagi ratusan atau mungkin ribuan orang. Semua yang sempat bermalam di situ bisa jadi meninggalkan kuman.

Staf hotel memang kerap membersihkan kamar, namun tidak semua sudut terjamah. Lagipula waktu mereka membersihkan hanya sekitar setengah jam, jadi hanya beberapa yang dirapikan dan dibersihkan.

Mengutip Huffington Post, berikut ini lima benda di kamar mandi yang sering menjadi sarang kuman.

Baca: 5 Alasan Beberapa Orang Kembali Melancong ke Tempat yang Sama

Remote televisi

Agar suasana kamar hotel tidak terlalu hening, kamu mungkin memilih untuk menyalakan televisi. Atau kamu sekadar ingin menyaksikan berita atau ramalan cuaca sebelum beraktivitas di luar.

Apa pun tujuan kamu, yang jelas remote televisi menjadi salah satu benda kotor. Ratusan atau ribuan tangan telah menyentuhnya. Para peneliti melaporkan bahwa selain toilet dan wastafel, remote televisi terkontaminasi bakteri cukup tinggi.

Demikian menurut temuan tim peneliti dari University of Houston, Purdue University, dan University of South Carolina, setelah menguji berbagai permukaan di kamar hotel di Texas, Indiana, dan Carolina Selatan.

Baca: 5 Cara Meredam Rasa Takut Sebelum Naik Pesawat

Selimut dan seprai

Saat tidur, tubuh melepas keringat bersama dengan bakteri yang bisa masuk ke seprai atau selimut. Kelly Reynolds dari University of Arizona, mengatakan kepada Time dalam tulisan di Februari bahwa jika ingin menjauhi kuman di tempat tidur, kamu bisa menyingkirkan selimut.

Gelas

Reynold menjelaskan bahwa jika gelas hanya dibersihkan dengan kain kering, benda ini bisa menjadi sarang kuman. Bahkan berdasarkan investigasi pada 2008 tentang pola pembersihan kamar hotel, 11 dari 15 hotel di seluruh negara tidak mengganti gelas yang kotor.

Baca: Berobat ke Luar Negeri, Apa Kelebihan?

Sakelar lampu

Tim peneliti yang juga menemukan bakteri pada remote televisi juga menemukan kontaminasi bakteri yang tinggi pada sakelar lampu di samping tempat tidur, di banyak kamar hotel.

Demikian pula sakelar lampu di kamar mandi, rentan menjadi sarat bakteri karena banyak tangan yang menyentuhnya.



Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini