icon-category Gadget

5 Alasan Samsung Galaxy Z Flip4 5G Cocok Buat Gen-Z yang Suka Ngonten

Samsung Galaxy Z Flip4 (Foto: Susetyo/Uzone.id)

Uzone.id - Samsung Galaxy Z Flip4 5G tak cuma diciptakan sebagai smartphone lipat kelas premium saja, tapi juga jadi perangkat buat anak-anak muda atau kreator konten yang gemar membuat video atau foto yang menarik.

Ada banyak fitur dan kelebihan dari Samsung Galaxy Z Flip4 5G yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan konten terbaik, sekaligus mengekspresikan dirinya. Sebut saja konfigurasi kamera yang lebih baik, performa lebih kencang, baterai yang awet, sampai desain yang kompak dan eye-catching.

Pede dengan kemampuan Galaxy Z Flip4 5G, TM Roh selaku President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics bahkan sampai berkata bahwa ponsel ini merupakan perangkat yang menjawab kebutuhan pengguna yang paling dinamis.

Nah, tim Uzone.id telah merangkum beberapa kelebihan dari Samsung Galaxy Z Flip4 5G yang membuatnya cocok bagi kalangan muda, Gen-Z hingga kreator konten. Berikut ulasan selengkapnya, Uzoners!

Baca juga: Kelebihan Kamera Galaxy Z Flip4 5G yang Tak Dimiliki di Ponsel Lain

Ambil Konten Ciamik dengan ‘FlexCam’

Berkat peningkatan kualitas dari engselnya, Samsung Galaxy Z Flip4 5G dibekali dengan fitur ‘FlexCam’ yang memudahkan pengguna mengambil foto ataupun video tanpa bantuan tripod. 

Dengan fitur ini, Galaxy Z Flip4 5G bisa diposisikan menyerupai huruf ‘L’ dengan penampang bagian bawah sebagai alasnya. Tinggal memperlihatkan gestur telapak tangan menghadap ke kamera, otomatis sistem kamera akan mengaktifkan timer sebelum mengambil foto atau video.

FlexCam juga dapat dikombinasikan dengan layar bagian luar Galaxy Z Flip4 5G yang berukuran 1,9 inci berjenis Super AMOLED. Caranya, tinggal mengaktifkan fitur ‘Cover Screen Preview’ di sudut kanan atas layar ketika membuka aplikasi kamera.

Ada juga fitur Quick Shot. Dengan fitur ini, kalian gak perlu membuka ponsel untuk mengambil gambar. Cukup tekan tombol Power sebanyak dua kali, otomatis layar bagian luar menampilkan preview kamera. Tinggal selfie atau ambil konten saja dengan kamera utama.

Oiya, sistem kamera Samsung Galaxy Z Flip4 5G pun memungkinkan penggunanya untuk beralih dari Cover Screen ke Flek Mode secara seamless tanpa harus menghentikan eprekaman.

Performa top-tier dengan Snapdragon 8+ Gen 1

Samsung Galaxy Z Flip4 5G menjadi ponsel pertama yang resmi di Indonesia dengan prosesor Snapdragon 8+ Gen 1. Prosesor ini dibekali dengan chip ISP yang lebih baik dari sebelumnya. 

Dengan ISP yang lebih bagus, pemrosesan gambar yang diambil kamera menjadi lebih berkualitas, tajam, dan warna yang kaya, baik memotret pada siang ataupun malam hari.

Ditambah, Snapdragon 8+ Gen 1 terdiri dari tiga kluster dengan core utama memiliki kecepatan 3,2 GHz yang lebih cepat ketimbang Snapdragon 8 Gen 1 berkecepatan 3 GHz. Dua kluster lainnya malah lebih cepat dari seri sebelumnya.

Dengan spesifikasi yang lebih gesit, Qualcomm berani mengklaim kalau kinerja CPU dan GPU 10% makin kencang dan AI engine 15% lebih pintar. 

Dengan spesifikasi tersebut, prosesor ini menjadi salah satu prosesor mobile terkencang saat ini. Untuk gaming, editing dan multitasking, semuanya bisa dijalani dengan sangat lancar.

Baca juga: Uji Performa Samsung Galaxy Z Flip4, Kinerja Efisien Bikin Baterai Awet

Baterai yang awet

Kendati Samsung Galaxy Z Flip4 5G cuma ditopang oleh baterai 3.700 mAh saja, namun smartphone ini terbukti punya daya tahan baterai yang awet. Hal ini lantaran perpaduan Snapdragon 8+ Gen 1 dan One UI 4.1.1 berbasis Android 12 yang menyuguhkan kinerja yang efisien.

Berkat arsitektur 4nm TSMC, Snapdragon 8+ Gen 1 juga 15 persen lebih hemat daya. Dari pengujian yang kami lakukan, Samsung Galaxy Z Flip4 5G 5G meraih screen on-time 10 jam 27 menit yang terbilang tinggi untuk ponsel dengan baterai 3.700 mAh.

Dengan masa pakai yang panjang, membuat siapapun bisa lebih leluasa dalam membuat konten atau sekadar menonton video untuk dijadikan inspirasi ke depannya. 

Desain kompak dan tangguh

Kelebihan lainnya dari Samsung Galaxy Z Flip4 5G adalah desainnya yang super kompak. Ketika dilipat, ponsel ini bahkan bisa masuk ke saku kemeja dengan mudah.

Semuanya berkat teknologi Ultra Thin Glass yang sudah melalui berbagai macam tes ketahanan ekstrem, termasuk 200.000 kali lipat secara simultan. Hal ini membuktikan, tak cuma engsel ponsel ini saja yang kuat, tapi juga layar dan komponen lainnya pun dibuat setangguh mungkin.

Buat kalian yang suka ambil konten di lingkungan basah, jangan khawatir. Samsung Galaxy Z Flip4 5G 5G sudah mengantongi rating IPX8 tahan air. Gak perlu was-was lagi saat ponsel ini kehujanan atau mengambil konten sampai berenang selama 30 menit, seharusnya aman.

Penggunaan Armor Alumunium dan Corning Gorilla Glass Victus+ juga membuat Samsung Galaxy Z Flip4 5G lebih tahan goresan dimasukkan ke dalam tas ataupun ketika tak sengaja jauh dari ketinggian.

Baca juga: 5 Upgrade dan Kelebihan yang Dibawa Samsung Galaxy Z Flip4

Warna eye-catching

Kalau dilihat sekilas, desain Samsung Galaxy Z Flip4 5G memang tak berubah signifikan. Tapi sebenarnya, smartphone ini membawa beberapa perubahan yang signifikan, terutama pada warna.

Warna jadi upgrade sekaligus kelebihan lainnya dari Samsung Galaxy Z Flip4 5G. Ada banyak opsi warna yang bisa dipilih pengguna, Bora Purple misalnya.

Warna Bora Purple diklaim bakal menjadi tren di tahun ini dan merupakan warna ciri khas dari Samsung Galaxy Z Flip4 5G 5G. Warna ini juga merepresentasikan boyband asal Korea Selatan, BTS yang jadi brand ambassador dari Samsung Galaxy Z Flip4 5G. 

Warna lainnya, ada Graphite berkelir hitam yang tegas, Pink Gold yang feminim dan Blue yang pas disandingkan dengan fashion apapun.

Namun yang menarik, Samsung menyediakan Bespoke Edition dengan 75 kombinasi warna yang dapat dipilih pengguna. Edisi ini cuma tersedia secara online, sehingga pengguna bisa dengan bebas memilih warna perangkat sesuka hati melalui situs resmi Samsung.

Warna-warna yang bisa dipilih mencakup bagian panel kamera belakang, bingkai serta engsel dan panel bawah dari smartphone.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini