icon-category Gadget

5 Cara Ngecas Smartphone yang Benar Biar Baterai Awet

Ilustrasi ngecas smartphone (Foto: Andreas Haslinger/Unsplash)

Uzone.id - Salah satu cara bikin smartphone awet dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang adalah dengan menjaga kesehatan baterai ponsel. Apabila baterai tidak dirawat dengan baik, maka kemampuannya pun dapat berkurang dan bisa memengaruhi kinerja ponsel secara keseluruhan.

Hal mendasar yang harus diperhatikan pengguna adalah kebiasaan dalam melakukan pengisian daya atau ngecas. Saat ini, smartphone dibekali kapasitas baterai yang besar dan teknologi fast charging untuk mempersingkat waktu pengisian daya.

Cuma sayang, masih ada segelintir orang yang melakukan beberapa kesalahan yang menyebabkan usia dan kemampuan baterai menurun. Salah satunya, dibiarkan low battery dalam waktu yang lama ataupun overcharge karena kelupaan mencabutnya. 

Nah, berikut ini cara ngecas smartphone yang benar agar ponsel kalian bisa lebih awet, terutama baterai agar tidak cepat drop. Berikut penjelasannya.

Baca juga: 10 Tipe Pemain PUBG Mobile, Mana Paling Nyebelin?

Gunakan charger asli/bawaan

Foto: Mike Winkler/Unsplash

Cara paling sederhana dan mendasar yang wajib kalian ketahui adalah, mengisi daya menggunakan adaptor dan kabel charger asli atau bawaan. Saat kalian membeli smartphone, vendor umumnya memberikan adaptor dan kabelnya dalam paket pembelian, ya gunakanlah aksesoris tersebut.

Kalaupun ponsel yang kalian beli tidak termasuk charger bawaan dalam kotaknya, vendor biasanya pun menjual adaptor dan kabel asli yang kompatibel dengan smartphone kalian.

Jangan sekali-kali mengisi daya baterai menggunakan charger yang bukan bawaannya, apalagi palsu. Selain muatan dayanya yang tak sesuai, juga sistem keamanannya pun diragukan yang mungkin berakibat fatal pada baterai ponsel.

Jangan sampai overcharge

Salah satu kebiasaan buruk pengguna ponsel adalah membiarkan ponsel diisi dayanya semalaman suntuk. Ada beberapa penyebabnya, paling sering sih kelupaan atau ketiduran.

Kebiasaan ini seharusnya dihentikan. Jangan biarkan ponsel kalian mengalami overcharge atau diisi daya baterainya sampai semalam suntuk. 

Memang, ada beberapa tipe ponsel dengan kemampuan charging pintar yang mencegah overcharge dengan membatasi pengisian sampai 80 persen. Namun tetap saja, disarankan untuk mencabut kabel dari konektor USB ketika proses ngecas sudah selesai. 

Toh, saat ini smartphone yang beredar sudah dibekali fitur fast charging, minimal 15W. Setidaknya, sabar sedikit menunggu baterai ponsel penuh ketimbang dibiarkan semalaman.

Baca juga: Xiaomi 12T vs Realme 10 Pro+: Adu Kuat Ponsel Harga Rp6 Jutaan

Cukup sampai 80 persen

Foto: Onur Binay/Unsplash

Masih banyak yang salah kaprah tentang pengisian daya baterai. Satu di antaranya, baterai ponsel harus terisi sampai 100 persen, karena jika tidak, maka akan menurunkan performa baterai itu sendiri.

Dari berbagai informasi yang dihimpun tim Uzone.id, para ahli menyebut kalau idealnya ngecas smartphone bukan sampai 100 persen, melainkan cukup 80 persen saja. So gak perlu khawatir atau netting saat mengisi baterai dan mencabutnya saat mencapai 80 persen hingga 90 persen. Aman kok.

Hindari ngecas dari 0 persen

Ngecas smartphone sebaiknya dilakukan pada saat baterai masih di kisaran 20 persen, minimal 15 persen lah. Jangan tunggu sampai benar-benar habis 0 persen untuk melakukan pengisian daya baterai.

Justru, kalau sering membiarkan baterai smartphone sampai benar-benar habis, membuat umur baterai dapat berkurang dan malah bikin ponsel sering ngedrop

Baca juga: Samsung Galaxy S22 Ultra vs Galaxy S23 Ultra: Upgrade Gak Ya?

Jangan gunakan ponsel saat ngecas

Terakhir nih, dan lagi-lagi masih jadi kebiasaan buruk pengguna. Hindari menggunakan smartphone saat sedang ngecas, dan sebaiknya biarkan ponsel dalam keadaan mati.

Sebab, bermain game, menonton video, atau sekadar scrolling media sosial saat ponsel sedang dicas, membuat siklus pengisian dayanya akan terganggu. Hal ini menyebabkan baterai smartphone menjadi panas dan mungkin dapat merusak baterai itu sendiri dan komponen lainnya.

Demikian beberapa cara bagaimana ngecas smartphone yang benar agar baterai menjadi awet dan tak mudah drop. Semoga bermanfaat!

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini