icon-category Gadget

Samsung Galaxy S22 Ultra vs Galaxy S23 Ultra: Upgrade Gak Ya?

Uzone.id - Sudah banyak bocoran terkait trio Samsung Galaxy S23 Series yang akan diperkenalkan Samsung pada 1 Februari mendatang (2 Februari pukul 01:00 WIB di Indonesia), apalagi terkait Galaxy S23 Ultra yang jadi tipe dengan spesifikasi tertinggi. Hal ini memunculkan satu pertanyaan yang mungkin akan terjawab saat rilisnya nanti, “Emang, apa saja upgrade fitur yang dibawa ponsel ini?

Kita sudah tau, sejak mengumumkan tanggal peluncuran Galaxy S23 Series, Samsung seolah fokus pada sektor kamera dari ponsel andalannya. Mulai dari pemotretan malam, fitur zooming untuk memotret bulan, dan lain sebagainya. Tapi, apakah itu saja kelebihan yang ditawarkan ponsel flagship ini?

Sejauh ini, bocoran terkait Samsung Galaxy S23 Ultra sudah cukup lengkap, walau belum ada konfirmasi sama sekali dari Samsung sendiri. Mulai dari desain dan ukuran dimensinya yang kurang lebih sama, performa yang lebih cepat, sampai kamera dengan sensor terbaru 200 MP yang canggih.

Nah, tim Uzone.id telah merekap berbagai bocoran terkait Galaxy S23 Ultra, dan mencoba membandingkannya dengan fitur maupun spesifikasi yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy S22 Ultra yang hadir di tahun lalu. Berikut rangkuman lengkapnya.

Baca juga: Ada Vonzy Sampai Raisa, Kenalin Anggota #TeamGalaxy Samsung yang Baru

Desain

Ilustrasi Samsung Galaxy S23 Ultra

Dari berbagai bocoran spesifikasi hingga render 3D dari Samsung Galaxy S23 Ultra, ponsel itu terlihat sangat mirip dengan Galaxy S22 Ultra. Seperti tak ada peningkatan signifikan antara keduanya, dan mungkin cukup sulit untuk membedakan keduanya kalau disandingkan satu sama lain.

Memang ada sedikit perbedaan, tapi tak terlalu kelihatan. Bagian bingkai smartphone misalnya, yang cenderung lebih rata dari model yang lalu. Masih ada lekukan di bagian belakangnya, tentu agar pengguna tetap nyaman menggenggam smartphone dengan ukuran layar 6,8 inci. 

Tepian smartphone ini tetap menyiku, khas Galaxy Note Series yang telah dipensiunkan. Materialnya menggunakan aluminium yang berkualitas tinggi, plus tetap hadir slot S Pen di bagian bawahnya.

Galaxy S23 Ultra dengan slot S Pen di bawahnya

Layout tombol fisiknya juga kurang lebih serupa. Semua tombolnya ada di sisi kanan, tapi dengan posisi yang agak lebih rendah dengan ukuran yang sedikit diperlebar, sehingga membuatnya mudah dijangkau dan ditekan jari pengguna.

Masih sama seperti yang lalu, rating IP68 juga telah dikantongi ponsel ini. Itu artinya, Samsung Galaxy S23 Ultra sudah tahan air dan debu, jadi jangan khawatir membawanya ke lingkungan yang ekstrem sekalipun, tapi dengan durasi yang terbatas juga.

Layar

Seperti sebelumnya, Samsung Galaxy S23 Ultra masih menggunakan panel seluas 6,8 inci, tapi dengan jenis yang lebih mumpuni. E6 AMOLED digunakan oleh Samsung untuk smartphone ini, yang diklaim memiliki karakteristik warna dan detail yang jauh lebih oke ketimbang seri terdahulu.

Intensitas cahaya maksimalnya pun jauh lebih tinggi, mencapai 1.900 nits yang begitu cocok untuk pemakaian di berbagai kondisi, baik dalam maupun luar ruangan.

Masih sama dengan S22 Ultra, teknologi layarnya adalah LTPO yang memberikan refresh rate adaptif dari 1Hz sampai 120Hz. Bukan buat gegayaan lho, teknologi ini bikin kecepatan refresh tak manteng di level tertinggi, sehingga baterai pun bisa lebih awet.

Adapun resolusi dari teknologi yang disebut Samsung sebagai Dynamic AMOLED 2X ini adalah 1440p atau QHD+. Sama juga nih, tetap ada pemindai sidik jari ultrasonik pada smartphone ini, yang bukan cuma cepat tapi juga lebih aman.

Baca juga: Bocoran Lengkap Spesifikasi dan Harga Trio Samsung Galaxy S23

Performa

Upgrade signifikan pada Samsung Galaxy S23 Ultra ketimbang S22 Ultra adalah dapur pacunya. Samsung gak lagi pake model ‘pilih kasih’, ketika pasar Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara lainnya pakai chip Snapdragon terbaru, dan negara lain menggunakan Exynos dengan kinerja lebih rendah.

Kini, Samsung memilih memakai satu jenis prosesor saja, yakni Snapdragon 8 Gen 2. Dari rumor yang beredar, prosesor yang dipakai ponsel ini bakal lebih kencang ketimbang smartphone dengan chipset serupa.

Kerja sama ‘spesial’ yang terjalin antara Samsung dan Qualcomm, memungkinkan hal tersebut terjadi. Snapdragon 8 Gen 2 yang dipakai ponsel ini memiliki kode belakang ‘AC’ dengan clock-speed pada prime-core mencapai 3,36 GHz.

Ada tiga pilihan RAM dan penyimpanan internal yang disediakan Samsung untuk Galaxy S23 Ultra, mulai dari 8/256 GB, 12/512 GB, dan tertinggi 12 GB/1 TB. Hal ini lebih tinggi dari S22 Ultra, dimana model terendahnya menggunakan RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB.

Teknologi RAM-nya juga lebih mutakhir, yakni LPDDR5 dengan jenis penyimpanan internal UFS 4.0 yang jauh lebih cepat.

Kerja sama Samsung dengan Google juga menjamin ponsel barunya mendapatkan update major Android hingga 4 tahun ke depan, plus 5 tahun untuk pembaruan atau patch keamanan berkala. Ngomong-ngomong sistem operasi, S23 Ultra akan berjalan di One UI 5.1 berbasis Android 13 yang baru.

Baterai

Samsung Galaxy S23 Ultra dan S22 Ultra sama-sama ditopang oleh baterai 5.000 mAh. Fitur fast charging-nya juga bakal sama, 45W untuk kabel dan 15W untuk pengisian secara nirkabel.

Yang ngebedain justru efisiensi dayanya. Memang secara kapasitas tak beda jauh, tapi berkat Snapdragon 8 Gen 2 yang lebih kencang tapi makin efisien, daya tahan baterainya diharapkan jauh lebih lama.

Setidaknya, sekali pengisian daya yang hanya membutuhkan waktu kurang dari sejam, membuatnya bisa bertahan nyaris seharian untuk pemakaian normal.

Baca juga: 7 Smartphone Flagship yang Bakal Warnai 2023, Ngincer yang Mana?

Kamera

Ilustrasi kamera Samsung Galaxy S23 Ultra (Foto: Taan Huyn/Unsplash)

Ini nih yang jadi upgrade signifikan lain yang ditawarkan Samsung Galaxy S23 Ultra daripada S22 Ultra, yakni kamera. Kamera utamanya adalah 200 MP dengan sensor terbaru ISOCELL HP2.

Sensor ini menyuguhkan detail yang lebih super ketimbang sensor 108 MP pada Samsung Galaxy S22 Ultra. Ditambah dengan optical image stabilization (OIS), mengambil video ataupun foto malam berkualitas bukan lagi sekadar impian.

Tiga kamera lainnya, mungkin bakal sama rasanya. Kamera ultrawide 12 MP, kamera tele 10 MP dengan OIS dan kemampuan 3x optical-zoom, serta kamera periskop 10 MP dengan OIS dan fitur 10x optical-zoom. Sementara kamera depan, downgrade jadi 12 MP alih-alih 40 MP pada seri sebelumnya.

Berikut ini tabel perbandingan antara Samsung Galaxy S23 Ultra vs Samsung Galaxy S22 Ultra:

 

Samsung Galaxy S23 Ultra

Samsung Galaxy S22 Ultra

Dimensi

163.4 x 78.1 x 8.9 mm

163.3 x 77.9 x 8.9 mm

Bobot

233g

229g

Layar

6,8 inci, 1440p, E6 OLED, Dynamic AMOLED, refresh rate 1-120Hz

6,8 inci, 1440p, M11 OLED, Dynamic AMOLED, refresh rate 1-120Hz

Prosesor

Snapdragon 8 Gen 2

Snapdragon 8 Gen 1 dan Exynos 2200

RAM dan penyimpanan internal

8/256 GB UFS 4.0

12/512 GB

12GB/1TB

8/128GB UFS 3.1

12/256GB

12/512GB

Kamera

200 MP kamera utama

12 MP ultrawide

10 MP 3X optical-zoom

10 MP 10X optical-zoom


12 MP kamera depan

108 MP kamera utama

12 MP ultrawide

10 MP 3X optical-zoom

10 MP 10X optical-zoom


40 MP kamera depan

Baterai

5.000 mAh

5.000 mAh

Fast charging

up to 45W 

up to 15W wireless charging

reverse wireless charge

up to 45W 

up to 15W wireless charging

reverse wireless charge

Harga

Mulai USD1.199 atau Rp18,1 jutaan 

USD1.199 atau Rp18,1 jutaan (saat pertama kali diluncurkan)

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini