icon-category Travel

5 Ciri Penginapan Bodong di Airbnb

  • 14 Nov 2018 WIB
  • Bagikan :

    (Ilustrasi/Unsplash)

    Uzone.id - Ada begitu banyak penginapan bagus di Airbnb. Namun tidak sedikit pula yang buruk atau bahkan bodong alias tidak jelas kualitasnya.

    Mengutip Reader's Digest, berikut ini beberapa ciri penginapan bodong di Airbnb. Hati-hati, jangan sampai kamu salah pilih atau tertipu.

    Minim foto

    Penginapan yang bagus di Airbnb tentu bakal menyajikan foto-foto setiap sudut ruangan secara detail. Bahkan ada yang menampilkan foto bagian luar penginapan, kondisi jalan, dan area sekitar. Namun bila tidak ada, foto-foto kamar tidur, kamar mandi, dan dapur saja sudah cukup.

    Demikian menurut Nerissa Marbury, CEO and chief digital officer dari One Epiphany, yang kerap memesan penginapan, mulai dari yang berupa rumah sampai private room, di dua belas kota dari lima negara.

    Baca: 5 Tipe Orang Menyebalkan di Pesawat

    “Jika terbatas, tidak ada salahnya untuk meminta penyedia penginapan menampilkan lebih banyak foto. Kalau dia tidak bisa melakukannya dengan alasan tidak terlalu kuat, kamu harus berhati-hati,” kata Nerissa.

    Kamu tidak menemukan ulasan apa pun

    Ketika kamu berbelanja barang apa saja, mulai dari kasur sampai blender, apa informasi yang paling penting bagi kamu? Ulasan dari pembeli—entah itu teman, tetangga, atau siapa sajaadalah yang utama.

    Ulasan-ulasan tersebut akan memberikan wawasan kepada kamu sebagai calon pembeli tentang pengalaman orang lain terhadap suatu produk. Hal yang sama juga berlaku di Airbnb.

    Jika sedikit atau tidak ada ulasan, kamu harus berhati-hati. Demikian ujar Sara Mosadegh, salah satu penyedia penginapan di Airbnb.

    Kalau kamu berkomentar dan tidak ada tanggapan dari penyedia penginapan, kamu juga harus berhati-hati.

    Baca: 5 Kiat Menjadi Pelancong Cerdas

    Hanya ada ulasan negatif

    Kamu mungkin menemukan penginapan-penginapan dengan banyak ulasan. Tapi apakah di antara ulasan itu banyak komentar negatif?

    Sara mengatakan bahwa komentar negatif tentang Wi-Fi, keamanan lingkungan, dan lainnya perlu diperhatikan. Itulah mengapa kamu harus meluangkan waktu untuk membaca semua ulasan dan menggali lebih dalam.

    Foto yang tidak cocok dengan deskripsi

    Kamu memang harus meluangkan waktu untuk memeriksa kesesuaian antara foto dengan deskripsi yang tertera. Demikian kata Jessica Norak, seorang penulis travel. Dia juga kerap memesan penginapan di Airbnb.

    “Jika terdapat keterangan apartemen mewah dan kamu justru melihat foto dengan cat tembok yang terkelupas, lantai yang tidak rata, itu mungkin bukan apartemen mewah,” ujar Jessica.

    Baca: 4 Benda di Kamar Hotel yang Jadi Sarang Kuman

    Kamu tidak yakin soal harganya

    Mendapatkan harga murah memang selalu menyenangkan. Sisa budget untuk penginapan bisa kamu pakai untuk keperluan lain, seperti makan atau transportasi di destinasi tujuan.

    Namun jangan melulu terbuai dengan harga murah. Saat memesan penginapan di Airbnb, kamu perlu memperhatikan apakah penginapan tersebut terletak di daerah yang jauh dari kota. Jika ya, hal ini tentu akan menyusahkan kamu.

    “Atau mungkin lingkungannya tidak bagus, atau ada kekurangan dari penginapan tersebut,” ujar Veronica Silva yang sering memesan via Airbnb. Jika ragu, kamu harus bertanya lebih lanjut tentang kondisi penginapan kepada penyedianya.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini