icon-category Gadget

5 Kelebihan Tecno Pova 6 Pro, Cocok Nih Buat Gamer ‘Bujet Cekak’

Bagikan :

Barcelona, Spanyol, Uzone.id - Tecno Pova 6 Pro jadi salah satu perangkat yang diluncurkan Tecno di ajang Mobile World Congress (MWC) 2024. Smartphone ini masuk ke segmen ponsel gaming, tapi tak mengusung spesifikasi ‘rata kanan’ macam Asus ROG Phone 8.

Gak pakai Snapdragon 8 Gen 3 atau MediaTek Dimensity 9300, aksesoris gaming resminya pun belum tersedia di pasaran. Main game tentu dijamin lancar, meski kualitas grafisnya tak sebagus smartphone gaming flagship yang harganya belasan juta Rupiah.

Lantas, apa saja sebenarnya kelebihan utama yang ditawarkan Tecno Pova 6 Pro ini? Tim Uzone.id berkesempatan untuk menjajal langsung smartphone gaming terjangkau keluaran Tecno ini yang kemungkinan besar akan meluncur juga di Indonesia. 

Setidaknya ada 5 kelebihan yang ditawarkan oleh Tecno Pova 6 Pro, berikut ulasan lengkapnya.

Warnanya mencolok, punya Mini-LED

alt-img

Kesan pertama kami saat melihat dan menggenggam Tecno Pova 6 Pro adalah, warnanya yang cenderung standout, terlihat beda dari ponsel kelas menengah lain di kelasnya. Sebenarnya rupa ponsel ini mirip seperti Infinix GT 10 Pro yang punya modul kamera besar dengan desain bodi belakang yang terlihat agak transparan.

Tecno sih menyebut desain ponselnya sebagai Dynamic Tech dengan dua opsi warna, Meteorite Grey dan Comet Green. Di sekeliling kamera ada lampu Mini-LED yang bakal menyala saat bermain game, mendengarkan musik, notifikasi masuk, dan sebagainya.

alt-img

Setidaknya ada 210 Mini-LED disematkan oleh Tecno yang menciptakan efek cahaya berbentuk cincin pada salah satu lensa kamera dan baling-baling di sebelahnya. Lampu-lampu itu memiliki 12 efek pencahayaan, kalian bisa menyesuaikannya di pengaturan.

Cuma memang ada kekurangan juga dari desain Dynamic Tech ala Tecno Pova 6 Pro ini. Lantaran bodinya terbuat dari plastik dan sengaja dibikin glossy, gampang banget ponsel ini terlihat kotor karena jejak sidik jari yang menempel.

Layar AMOLED 120Hz

alt-img

Namanya juga gamer, pasti pengin experience gaming mereka terasa maksimal, terutama soal visual. Makanya, Tecno menyematkan layar AMOLED luas dengan refresh rate tinggi pada Pova 6 Pro.

Layarnya seluas 6,78 inci dengan resolusi Full HD+. Refresh rate layarnya mencapai 120Hz dengan touch sampling rate yang tinggi, sehingga responsivitas sentuhan pada layar terasa mulus nyaris tanpa delay.

Tecno merancang layar ponselnya agar terlihat bezel-less. Bingkai pada setiap sisi layarnya punya tebal hanya 1,3 mm, terlihat simetris dan lapang.

Main game di smartphone ini juga gak bikin mata cepat lelah, lantaran layar AMOLED-nya memiliki rate Pulse-Width Modulation (PWM) mencapai 2160Hz. Fitur lain dari layarnya, sudah mendukung in-display fingerprint.

Baterai jumbo dengan fast charging 70W

alt-img

Sebenarnya sektor dapur pacu pada ponsel ini gak jauh berbeda dari sebelumnya. Tecno Pova 6 Pro masih ditenagai Dimensity 6080 dari MediaTek.

Prosesor tersebut dibangun berdasarkan arsitektur 6nm yang mengusung konfigurasi CPU 2x performance-core Cortex A76 pada kecepatan 2,4 GHz dan 6x efficiency-core Cortex A55 dengan clock-speed 2 GHz.

Ada dua opsi RAM yang tersedia, 8 GB atau 12 GB dengan ruang penyimpanan sebesar 256 GB.

Yang spesial dari Tecno Pova 6 pro justru kapasitas baterainya. Bukan lagi 5.000 mAh, melainkan 6.000 mAh. Selain bisa tahan berjam-jam untuk menunjang aktivitas gaming pengguna, baterai ini dapat diisi dayanya dalam waktu singkat berkat fast charging 70W.

Tecno mengklaim, battery health dari ponsel barunya bisa tahan sampai bertahun-tahun. Setidaknya, battery health ponsel ini masih sekitar 80 persen setelah digunakan intens selama 6 tahun lamanya.

Belum lagi, Tecno Pova 6 Pro bisa jadi powerbank dadakan berkat fitur 10W reverse charging.

Fitur gaming lengkap

alt-img

Buat smartphone gaming yang terjangkau, Tecno Pova 6 Pro punya fitur penunjang yang terbilang lengkap. Nama fitur gaming pada ponsel ini adalah ‘Game Space’ menyimpan banyak fitur yang berfokus pada peningkatan performa dan experience pengguna.

Di sini, kalian dapat memilih tiga mode performa yang tersedia. Makin tinggi memang lebih kencang, tapi bikin boros daya baterai. Kendati begitu, kalian tetap bisa ngegame sambil ngecas berkat adanya fitur Bypass Charging.

Fitur ini juga ada lho pada Asus ROG Phone generasi terbaru. Ketika ponsel terhubung ke charger bawaan selama game berlangsung, Bypass Charging membuat daya ditopang sepenuhnya oleh listrik, bukan baterai.

alt-img

Hal ini bukan cuma memperpanjang masa pakai baterai, tapi mencegah ponsel mengalami overheat saat bermain game dengan grafis yang tinggi.

Kualitas grafis dari game yang dimainkan juga bisa diatur lewat Game Space, mau kelihatan terang atau lebih realistis, tinggal pilih saja.

Kameranya 108 MP

alt-img

Tecno Pova 6 Pro dilengkapi kamera 108 MP di belakang. Kemudian disandingkan dengan kamera 2 MP berlensa depth dan AI Cam.

Sementara di depan, ada kamera selfie 32 MP dengan dual-tone LED flash. Kalau kata Tecno Global, Pova 6 Pro jadi seri pertama pada Pova Series dengan kamera 108 MP.

Kabar baiknya, Tecno Pova 6 Pro akan meluncur di banyak negara, tak terkecuali di Indonesia. Menurutnya, Tecno Pova 6 Pro akan hadir di Indonesia pada Q2-2024 atau sekitar April sampai Mei 2024.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini