home ×
Lifestyle

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Banyak Orang di Media Sosial

16 October 2018 By
5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Banyak Orang di Media Sosial
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, banyak orang tidak bisa lepas dari media sosial. Beragam aktivitas dan lokasi keberadaan kerap diunggah ke Instagram, misalnya. Padahal tidak semua hal harus kamu bagikan ke media sosial.

Dalam siaran persnya, Fortinet Indonesia (penyedia keamanan jaringan dan solusi unified threat management atau UTM) juga mengingatkan bahwa dunia siber sangat berbahaya. Banyak ancaman atau serangan siber yang mungkin saja terjadi, yang bisa merugikan kamu.

Edwin Lim, Country Director Fortinet Indonesia, membagikan beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan banyak orang dalam menggunakan media sosial, sehingga dapat dengan mudah terkena serangan siber.

Baca: Suka Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain di Media Sosial Berhubungan dengan Depresi

Membagikan personal info 

Seperti yang kita ketahui, hampir seluruh media sosial meminta kamu untuk mengisi profil akun dengan data pribadi. Kamu dapat memasukkan nomor handphone, tanggal lahir, jenis kelamin, atau bahkan alamat rumah.

Belum lagi, status yang biasa diunggah sering berhubungan dengan kegiatannya sehari-hari. Data inilah yang bisa digunakan penjahat siber untuk menyerang pengguna.

Menyetujui tanpa peduli apa yang akan kamu bagikan

Apakah kamu pernah membaca syarat dan ketentuan jika membuat sebuah akun di media sosial atau aplikasi apa pun? Kebanyakan orang enggan membaca satu persatu syarat dan ketentuan tersebut.

Baca: Ridwan Kamil Ungkap Kelebihan dan Kekurangan Orang Indonesia

Hasilnya, mungkin kamu tidak sadar bahwa kita setuju untuk membagikan data-data pribadi atau bahkan data yang ada di dalam handphone kamu.

Mengunggah aktivitas di luar rumah

Kamu tidak akan tahu siapa saja yang mengikuti akun media sosial kamu dan berniat jahat.

Dengan membagikan status yang menunjukkan aktivitas kamu di luar rumah, penjahat siber bisa saja masuk ke rumah kamu yang tidak ada orang. Atau bahkan menunggu kamu di suatu tempat.

Melupakan privacy setting

Siapa saja yang bisa melihat status kamu? Siapa saja yang boleh mengikuti akun media sosial kamu?

Baca: Survei: Hanya Sedikit Atasan yang Konsisten Mengapresiasi Karyawan

Sebaiknya kamu menggunakan fitur privacy setting sebaik mungkin. Jangan sampai ketika akun kamu terbuka untuk umum, siapa pun bahkan penjahat siber bisa dengan mudah mengakses seluruh informasi kamu.

Menggunakan password yang mudah ditebak

Jangan sekali-kali meremehkan pentingnya password. Gunakanlah password yang sulit atau bahkan sangat sulit untuk ditebak.

Hindari penggunaan tanggal lahir, nama peliharaan, atau informasi umum yang mudah ditebak oleh penjahat siber. Jika bisa, lakukanlah pergantian password setiap tiga bulan sekali.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article